HARGA BBM : Premium-Solar Naik Lagi, Wali Kota Solo Protes

 Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga BBM bersubsidi yang kembali naik membuat Wali Kota Solo protes.

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy) menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang telah ditetapkan pemerintah pusat sejak Sabtu (28/3/2015). Penolakan kenaikan harga BBM ini untuk kesekian kalinya disampaikan sebagai bentuk protes atas ketidakjelasan sikap pemerintah dalam menetapkan harga BBM.

Menurut Rudy, harga keekonomian BBM yang diterapkan pemerintah dengan naik turun harga menyulitkan pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota. Mantan rekan duet Presiden Joko Widodo saat menjabat Wali Kota Solo ini, bahkan mempertanyakan dasar aturan yang digunakan menetapkan kenaikan harga BBM tersebut.

“Harga BBM kok munggah mudhun kaya beras ae. Harga BBM kapan dinaikkan dan kapan diturunkan itu ada aturannya, bukan baru naik turun lagi, dan dinaikkan lagi,” kata Rudy ketika ditemui wartawan di rumah dinas Loji Gandrung, Minggu (29/3/2015).

Rudy mengatakan pemerintah perlu melakukan kajian matang sebelum menetapkan harga BBM. Rudy menilai harga BBM yang naik turun bakal berimbas besar pada penghitungan upah minimum kota (UMK). Selama ini, Rudy menjelaskan, salah satu indikator penghitungan kebutuhan hidup layak (KHL) adalah biaya transportasi. Sementara harga keenomomian BBM yang diterapkan pemerintah justru menyulitkan dalam menetapkan biaya transportasi.

“Sekarang tarif angkutan harus bagaimana. BBM naik tarif ikut naik, BBM turun tarif ikut turun, terus BBM ini naik lagi mesti ya harus dinaikkan juga. Pusing deh rakyate,” kata Rudy.

Kenaikan harga BBM tak hanya berpengaruh pada biaya transportasi, melainkan juga harga kebutuhan pokok. Selama ini kenaikan harga BBM memicu kenaikan harga kebutuhan bahan pokok. Sementara saat harga BBM turun, lanjut Rudy, harga kebutuhan pokok tidak mengikutinya.

Hal-hal inilah, kata Rudy, yang membuat kebingunan di tingkat masyarakat. Rudy meminta pemerintah mengkaji kembali penerapan harga keekonomian untuk BBM. “Pemerintah harus memberi keputusan yang jelas. Jangan seperti ini kabeh dibuat bingung,” katanya.

Rudy meminta pemerintah fokus dalam pemberantasan mafia Migas. Rudy bahkan mempertanyakan kinerja satuan petugas (satgas) pemberantasan mafia migas lantaran dalam enam bulan harga BBM sudah naik tiga kali. Rudy menyatakan segera melayangkan surat ke pemerintah untuk meminta mengkaji kembali harga keekonomian BBM premium.

Ketua DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Solo, Joko Suprapto, ketika dihubungi Solopos.com, mengatakan akan mengevaluasi tarif angkutan umum di Kota Solo. Penyesuaian tarif angkutan umum dilakukan seiring kenaikan harga BBM yang telah ditetapkan pemerintah. Namun besaran penyesuain tarif masih menunggu koordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo.

“Kami akan rapat dengan Dishub dulu. Tentu akan ada penyesuaian tarif angkutan. Jadi belum bisa banyak komentar soal kenaikan harga BBM,” kata Joko.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kini memiliki generator oksigen secara mandiri yang dipasang dengan anggaran senilai Rp6,4 miliar.

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB

Pencemaran Bengawan Solo, Pelaku Ngaku Buang Ribuan Liter Limbah Ciu Ke Sungai Samin Setiap Hari

Polres Sukoharjo menggelar perkara kasus buang limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo dengan peragaan oleh dua pelaku.

Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargosari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Upaya Penyisiran Lokasi Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Cilacap

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV menyebabkan dua orang meninggal