SOLOPOS.COM - PENGHEMATAN -- Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman saat menginspeksi kondisi mobil dinas Pemkab beberapa waktu lalu. Menyikapi rencana kenaikan harga BBM, Bupati meminta penggunaan kendaraan bermotor dinas dikurangi. (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

PENGHEMATAN -- Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman saat menginspeksi kondisi mobil dinas Pemkab beberapa waktu lalu. Menyikapi rencana kenaikan harga BBM, Bupati meminta penggunaan kendaraan bermotor dinas dikurangi. (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

SRAGEN – Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, meminta semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen untuk berhemat dalam penggunaan dana operasional kendaraan dinas pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), April mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati menyatakan tidak akan menambah alokasi anggaran operasional kendaraan dinas di setiap SKPD, mengingat kondisi keuangan daerah masih defisit Rp51 miliar. “Logikanya, harga BBM itu dinaikan atau tidak tergantung kebijakan pemerintah pusat. Kalau pemerintah pusat benar-benar menaikan BBM pada April mendatang, otomatis anggaran di masing-masing SKPD disesuaikan. Artinya tidak ada penambahan anggaran, melainkan penghematan anggaran yang sudah ada. Apalagi APBD kita dalam situasi krisis,” tegas Bupati, Rabu (14/3/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Bupati menerangkan dengan anggaran yang ada itu, otomatis masing-masing SKPD harus melakukan penghematan, terutama penghematan dalam perjalanan dinas dan operasional lainnya. Penghematan anggaran di lingkungan Pemkab Sragen, bagi Agus, sudah menjadi sesuatu yang biasa dilakukan ketika kondisi keuangan daerah minim.

Selain penghematan, Bupati juga memiliki program satu hari dalam sepekan semua PNS di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Sragen masuk kerja dengan menggunakan kendaraan tanpa asap. Dalam satu hari itu, ujar Bupati, para pegawai negeri sipil (PNS) bisa menggunakan sepeda onthel atau dengan jalan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya