SOLOPOS.COM - Anak buah kapal (ABK) K.M. Kelimutu menurunkan jangkar saat berlabuh sekitar 1 mil laut dari Pulau Karimunjawa, Jepara, Jateng, Sabtu (10/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Harga BBM jenis premium, solar, dan minyak tanah di Karimunjawa kini seperti di Jawa.

Solopos.com, SEMARANG — PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV merealisasikan penugasan pemerintah untuk menetapkan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Karimunjawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV, Ibnu Chouldum mengatakan penetapan ini sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No. 36/2016 perihal Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara Nasional yang diterapkan sejak 1 Januari 2017.

Ekspedisi Mudik 2024

“Berdasarkan peraturan tersebut salah satu kabupaten yang termasuk target lokasi pendistribusian program BBM satu harga adalah Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara,” kata Ibnu melalui keterangan tertulis, Minggu (15/10/2017).

Dia mengatakan BBM satu harga ini melalui pengoperasian stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kompak di wilayah ini. “Program BBM Satu Harga yang diberlakukan di wilayah dengan kriteria terdepan, terluar, dan tertinggal, merupakan salah satu program strategis nasional yang bertujuan untuk mengurangi ketimpangan antar daerah,” katanya.

Area Manager Communication & Relations Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, menambahkan adapun jenis BBM yang diatur untuk menerapkan program tersebut adalah jenis BBM tertentu. Di antaranya adalah solar 48, minyak tanah, serta BBM khusus penugasan (JBKP) yaitu bensin RON 88 alias Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya