SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga BBM bakal dievaluasi untuk bulan depan.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siap melakukan evaluasi tiga bulan untuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Evaluasi ini akan menjadi penetapan harga BBM pada 1 Oktober 2016.

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian ESDM menyebut, dengan melihat harga minyak dunia dan setelah melakukan perhitungan semua faktornya, maka harga BBM jenis premium turun dan solar naik pada 1 Oktober 2016.

Ekspedisi Mudik 2024

“Rata-rata 3 bulan terakhir ada perubahan sedikit. Premium turun, solar naik,”ujarnya dikutip dari Okezone, Kamis (22/9/2016).

Meski demikian, Wirat mengaku belum mengetahui berapa besaran harga perubahannya. Pasalnya, hal ini harus didiskusikan terlebih dahulu dengan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.

“Harga nanti kita diskusikan dulu ke Pak Menteri nanti kebijakannya seperti apa. Kisarannya antara Rp300 sampai Rp500 per liter. Itulah fluktuasinya. Naik turunnya rata-rata segitu,” ujarnya.

Sekedar informasi, evaluasi ini merupakan formula pemerintah dalam menyesuaikan harga BBM tiap tiga bulan sekali. Karena di pertengahan tahun kemarin ada hari raya Idul Fitri, pemerintah tidak jadi melakukan evaluasi harga BBM.

Rencananya, Kementerian ESDM akan melakukan perhitungan pada 25 September 2016. Adapun, salah satu dasar yang menjadi nilai perhitungan adalah harga minyak mentah dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya