SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga BBM diprediksi kembali turun

Harianjogja.com, SLEMAN-Harga bahan bakar minyak (BBM) diprediksi kembali turun akhir Maret nanti. Penurunan diprediksi untuk jenis premium dan solar.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“Premium dan solar akan ditetapkan akhir Maret. Saya kira dalam perhitungannya turun,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto pada wartawan saat ditemui di Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Jumat (18/3/2016) lalu.

Meski enggan menyebut nominal penurunannya tetapi ia menyebut penurunan harga premium kali ini cukup signifikan.

“Penurunannya cukup signifikan,” tegas dia.

Penurunan harga BBM ini disebabkan harga minyak mentah dunia masih rendah yakni sekitar US$30 per barel. Dengan semakin turunnya harga BBM ini, Soetjipto menyebut bahwa beban biaya pemerintah menjadi lebih berat karena penerimaan berkurang.

Turunnya harga BBM lambat laun membuat BBM semakin terjangkau oleh masyarakat. Sehingga pemerintah perlu mempelajari harga rendah BBM dan kaitannya dengan subsidi yang perlu diberikan.
Pihaknya berpendapat, jika masyarakat bisa membeli BBM tanpa subsidi, dana untuk subsidi sudah waktunya dialihkan untuk pembangunan sektor lain, seperti infrastruktur.

“[Subsidi BBM] bukan untuk dicabut tetapi lebih diarahkan,” jelas Soetjipto.

Pria berkaca mata ini mengatakan, minyak dunia terus mengalami fluktuasi. Meski pernah mencapai titik terendah pada 2015, pihaknya berharap tahun-tahun berikutnya akan semakin naik.

“Tahun ini [2016] bisa mencapai rata-rata USD 35-40 [per barel]. Tahun depan  USD 40-50 [per barel] dan pada 2018 USD 50-60 [per barel],” tuturnya.

Harga BBM dalam negeri jenis pertamax plus, pertamax dex, dan pertalite baru saja turun. Selasa (15/3/2016) pukul 00.00 WIB lalu, Pertamina menurunkan harga sebesar Rp200 per liter. Diharapkan dengan harga bahan bakar yang semakin turun ini, masyarakat dari semua kalangan bisa menjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya