SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang bawang putih (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi bawang putih (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Harga komoditas bawang merah dan bawang putih kembali mengalami kenaikan Rp5.000/kg. Pasokan minim disinyalir menjadi penyebab kenaikan harga komoditas yang telah mengalami penurunan sejak awal pekan ini.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Pedagang bumbu dapur di Pasar Legi, Sri Rahayu, mengatakan kenaikan harga bawang merah dan bawang putih terjadi sejak, Jumat (22/3/2013). Saat ini harga bawang putih mencapai Rp35.000/kg setelah sebelumnya turun hingga Rp30.000/kg. Sementara harga bawang merah tetap stabil berada di kisaran harga Rp35.000/kg.

“Hari ini harga bawang putih kembali naik Rp35.000/kg karena tidak ada barang datang,” tuturnya saat ditemui Solopos.com di kiosnya, Jumat.

Pedagang bawang eceran lain di pasar setempat, Suroto, bahkan menjual bawang putih dengan harga Rp37.000/kg. Ia mengaku sebelumnya sekitar tiga hari lalu harga bawang sudah turun Rp28.000/kg. Sementara harga bawang merah dipatok Rp40.000/kg setelah turun dari harga tertingginya Rp45.000/kg. Selama kenaikan harga tersebut, Suroto mengaku dapat menjual sekitar 50 kg bawang putih dan 30 kg bawang merah. Sebelum harga naik, ia mampu dapat menjual lebih.

“Harga bawang putih hari ini naik karena pasokan minim. Kalau bawang merah sejak awal turunnya memang sedikit dan cenderung stabil,” jelasnya.

Sementara untuk komoditas cabai, berdasarkan pantauan, harga cenderung stabil. Kendati pasokan yang diterima pengepul berkurang, namun harga jual masih dapat dikendalikan.  Harga cabai rawit putih saat ini Rp9.000-Rp10.000/kg. Sedangkan harga cabai rawit merah Rp37.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya