SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cirebon [SPFM], Ribuan petani bawang merah di daerah pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dan Brebes, Jawa Tengah, mengaku kecewa karena harga bawang merah terpuruk hingga Rp 2.000 per kilogram. Padahal, modal tanam mereka sudah mencapai Rp 6.500 per kilogram. Ketua Dewan Bawang Merah Nasional Sunarto, Sabtu (14/1) mengatakan harga bawang merah kini cukup memprihatinkan bagi jutaan petani yang berada di Indonesia. Anjloknya harga bawang merah di beberapa daerah dipicu melimpahnya bawang merah impor sehingga persediaan bawang merah di sejumlah pasar tradisional melebihi kebutuhan.

Sunarto menambahkan, apabila perkembangan harga bawang merah terus menurun akibat ulah sejumlam importir nakal yang memasok bawang merah dari India, petani lokal diperkirakan tidak mampu melakukan penanaman kembali karena mereka selalu rugi. Sunarto berharap pemerintah memberikan perhatian karena selama ini usaha bawang merah melibatkan jutaan pekerja sektor informal. [MIOL/ard]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya