SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA–Harga bawang putih dan bawang merah di pekan kedua bulan April ini berangsur turun signifikan. Penurunan ini diikuti komoditas lain.

“Harga bawang hari ini terpantau turun cukup banyak. Bawang putih penurunan harga mencapai 7,27 persen sedangkan bawang merah penurunannya mencapai 6,92 persen,” ujar Staf Staf Pengadaan dan Penyaluran bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) DIY Sugiyono kepada Harian Jogja, Senin (8/4).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harga rata-rata bawang putih di ketiga pasar, pasar Beringharjo, Kranggan dan Demangan yang berdasar data Disperindagkop DIY turun di kisaran Rp34.000 per kilogramnya.

Sementara pekan lalu, komoditas impor ini harganya masih berada diatas Rp40.000.

Bawang merah meski relatif tinggi harganya, awal pekan ini turun dari Rp43.300 menjadi Rp40.300, atau turun Rp3.000 per kilogramnya.

“Ketersediaan pasokan juga masih relatif cukup dan melimpah. Tapi memang untuk permintaan masih relatif stabil, tetapi tidak banyak,” kata Sugiyono.

Selain bawang, cabai rawit juga mulai mengalami penurunan harga meski tidak banyak. Harga cabai rawit hijau terpantau turun dari Rp15.000 menjadi Rp14.300 per kilogram.

Sedangkan cabai rawit merah masih terlampau tinggi di kisaran Rp40.000 per kilogram.

“Cabai rawit merah turunnya memang tidak banyak. Ketersediaan pasokan juga tidak banyak, ini juga pengaruh permintaannya pasar yang sedikit, mengingat harganya juga masih sangat tinggi,” imbuh Sugiyono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya