SOLOPOS.COM - Hard Disk terbesar Samsung (www.golem.de)

Hard disk terbaru diluncurkan Samsung dengan kapasitas terbesar saat ini.

Solopos.com, KALIFORNIA — Samsung kembali menarik perhatian dunia dengan menyediakan produk baru, yaitu media penyimpanan (hard drive) dengan kapasitas terbesar di dunia. Media penyimpanan tersebut berbentuk Solid-State Drive (SSD) berisi memori flash NAND (memori negative-AND) dengan kapasitas 16 Terabytes (16TB).

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

SSD 16TB tersebut, yang diberi nama PM1633a memiliki ukuran 2,5 inci. Kapasitas sebesar 16TB itu mengungguli  kapasitas terbesar di dunia saat ini yaitu 10TB yang diciptakan perusahaan Seagate dan Western Digital.

Samsung, dilansir Slashgear.com, membuat SSD terbesar di dunia itu dengan memasukkan memori flash NAND 256Gbit berukuran 32GB. Memori tersebut dua kali lebih besar dari memori NAND yang terpasang di produk chip lain. Untuk memasang memori 256Gbit NAND diperlukan 48 lapisan dengan jumlah antara 480-500 buah sehingga kapasitas total 16TB.

Selain hard drive dengan kapasitas terbesar di dunia, Samsung memperkenalkan satu ciptaan lain miliknya saat acara Flash Memory Summit. Server tersebut memiliki 48 buah penyimpanan SSD dengan total mencapai 768TB.

SSD tersebut memiliki kinerja hingga 2 juta IOPS (Input/Output Operations Per Second). Hal itu membuat server baru ini meninggalkan SSD yang banyak digunakan di komputer dengan kinerja rata-rata 10.000-90.000IOPS.

Pemasangan SSD diperkirakan dalam waktu singkat akan mengganti media penyimpanan hard drive saat ini. Namun, faktor harga yang terbilang tinggi menjadi kendala penggunaan memori SSD.

Samsung belum memberikan kepastian berapa harga media penyimpanan 16TB tersebut, tetapi diperkirakan penyimpanan tersebut akan memiliki harga tidak kurang dari Rp70 juta. Hali ini diperhitungkan setelah Samsung mengeluarkan 2,5 inci SSD kapasitas 2TB dengan harga antara Rp11 juta sampai Rp14 juta. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya