Hapus Stigma Kelompok Preman, 120-An Anggota DMC Awesome Soloraya Sumbangkan Darah

Solopos.com, SOLO -- Sekitar 120 anggota organisasi kemasyarakatan Dewan Muda Complex’s atau DMC Awesome Soloraya melakukan aksi sosial donor darah, Minggu (7/3/2021).

Aksi yang dipimpin langsung Ketua Umum DMC Awesome, Denny Nur Cahyanto atau Dencis, itu digelar di Pondok Boro Minapadi, Nusukan, bekerja sama dengan PMI Solo. Hadir dalam kegiatan itu anggota DPRD Solo dari Dapil IV Solo, Trihono Setyo Putro.

Ketua Remaja dan Mahasiswa DMC Awesome, Giyatno, saat wawancara dengan Solopos.com mengatakan kegiatan donor darah sudah menjadi agenda rutin organisasi. “Kita rutin tiga bulan sekali. Tapi enam bulan terakhir vakum karena pandemi Covid-19,” tuturnya.

Baca Juga: Inilah Sosok Bakul Ikan Segar Sukoharjo Yang Viral Gara-Gara Iklan Ala Kampanye

Bahkan menurut Giyat, panggilan akrabnya, kegiatan donor darah sudah dilakukan anggota DMC pada awal-awal berdirinya pada 2003. Artinya keluarga besar ormas DMC Awesome rutin menjadi penyumbang darah untuk kebutuhan masyarakat Soloraya.

“Kami berkoordinasi dengan PMI Solo, mereka menginginkan agar kegiatan donor darah secepatnya dilakukan. Akhirnya hari ini kami gelar lagi donor darah dengan peserta dari Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri,” sambungnya.

Menurut Giyat kegiatan donor darah DMC merupakan kontribusi nyata dalam bidang sosial-kemanusiaan. Pada masa pandemi Covid-19, PMI Solo membutuhkan pasokan darah mencukupi. Sebab ada sebagian masyarakat yang khawatir untuk mendonorkan darah.

Baca Juga: Pantau Prostitusi, Drone Polresta Solo Terbang Tiap Hari Di Gilingan dan Kestalan

Kontribusi Sosial

Ihwal stigma negatif sebagai kelompok preman yang melekat kepada DMC Awesome Soloraya, Giyat menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai. Namun dia menyatakan selama ini DMC sudah aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan.

“Berkaca kepada pengalaman atau sejarah, DMC memang distigma seperti itu. Ya harus kami terima. Tapi kami harus bisa menunjukkan kontribusi sosial kami. Dari masyarakat kembali kepada masyarakat. Kami berdiri untuk kegiatan sosial,” tandasnya.

Selain rutin melakukan donor darah, menurut Giyat DMC Awesome juga memiliki TIM SAR Rescue DMC (RDMC) yang sudah aktif dalam berbagai misi kemanusiaan. Mereka membantu dalam berbagai operasi bencana alam, termasuk suplai air bersih.

Baca Juga: Termasuk SMA Tertua di Indonesia, Ini Sejarah SMAN 1 Semarang

Penjelasan senada disampaikan Dencis saat wawancara dengan Solopos.com di sela acara. Ia mengaku selalu mendorong anggota DMC Awesome Soloraya agar aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan. Pandemi Covid-19 jangan menjadi penghalang untuk terus berbuat.

“Untuk kegiatan sosial donor darah ini tidak boleh berhenti. Tujuan kami adalah sosial kemasyarakatan. Ini salah satu bentuk atensi kami kepada masyarakat. Kami juga aktif dalam misi kebencanaan di Jateng melalui Tim SAR RDMC,” urainya.

Dencis menyerahkan kepada masyarakat bagaimana melihat posisi organisasi yang dipimpinnya. “Walau kami kelihatannya kereng-kereng, medeni-medeni, tapi kami peduli sosial, cinta masyarakat. Donor darah salah satu bentuk kontribusi kami,” katanya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom