SOLOPOS.COM - Happy Salma, Nicholas Saputra, dan Wali Kota Gibran saat memberikan keterangan seusai bertemu di Balai Kota, Senin (20/3/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Happy Salma dan Nicholas Saputra berencana mengadakan pentas seni budaya di Kota Solo tahun ini. Keduanya terinspirasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan K.G.P.A.A. Mangkunagoro X yang mempromosikan budaya sampai mancanegara.

Pantauan Solopos.com, Happy Salma dan Nicholas Saputra melakukan pertemuan tertutup dengan Gibran di Balai Kota Solo setelah berkunjung ke Pura Mangkunagaran, Senin (20/3/2023) siang. Mereka melakukan pertemuan sekitar satu jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Happy, sapaanya, menjelaskan bersama Nicholas menjadi produser pertunjukan tari di sejumlah kota besar. Keduanya terinspirasi dengan Mangkunagoro X dan Gibran serta ingin melihat apa yang mungkin bisa dilakukan terkait budaya nusantara di Kota Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, para leluhur melakukan diplomasi budaya sejak ratusan tahun lalu. Gibran telah melakukan pameran Java In Paris di Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Prancis.

“Ada bunyi, ada warna Solo di Kota Paris itu kan beritanya dimana-mana. Kami berdua melihat memantau dan terinspirasi. Itu banyak dilakukan pemimpin bangsa zaman dulu. Sekarang terasa lagi bagi seniman, kayak api baru, kayak penyemangat baru,” kata dia.

Happy mengatakan belum tahu konsep seni pertunjukan yang akan dilakukan di Kota Solo. Namun, upaya itu membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Kami belum bisa cerita banyak, namun kami ingin melakukan aksi karya kolaborasi, bentuknya masih belum tahu,” kata dia.

“Setiap tahun kami membuat kegiatan seni pertunjukan dan selalu di kota besar. Pengennya gak di Jakarta saja tapi tempat-tempat lain. Sebenarnya Solo menarik ya, Solo membuka ruang untuk kolaborasi yang tidak hanya budaya Jawa, namun budaya-budaya nusantara,” ungkap dia.

Nicholas menambahkan Kota Solo telah menjadi wadah budaya nusantara dengan adanya atraksi seni budaya dari luar Jawa. Salah satu contohnya pentas budaya Gebyar Nyepi Tahun Baru Saka 1945 di Balai Kota Solo akhir pekan lalu.

“Ada acara Bali pakai ogoh-ogoh, saya melihat Solo sebagai sebuah tempat yang memiliki kemungkinan segala macam kolaborasi terkait seni dan budaya,” kata dia.

Wali Kota Gibran Rakabuming rarka mengatakan pertunjukan itu bakal berlangsung sebelum akhir tahun di Kota Solo. Penyelenggara belum mau membocorkan lebih detail termasuk di mana lokasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya