Karakter Mario dari dulu sampai sekarang (Nintendo)

Solopos.com, SOLO – Mario merupakan sosok ikonis di dunia game. Sulit rasanya tidak mengenali Mario, minimal tahu karakternya sebagai ikon game Nintendo. Tepat pada hari ini, Selasa (9/7/2019), Mario genap berusia 38 tahun.

Dikutip dari Herald Scotland, Mario kali pertama muncul di dunia game pada 9 Juli 1981. Saat itu, karakter Mario belum diberi nama. Dia hanya disebut sebagai Jumpman pada game Donkey Kong. Jumpman dikisahkan sebagai tukang kayu bertugas menyelamatkan seorang wanita yang diculik Donkey Kong.

Pada game tersebut, Jumpman harus menaiki anak tangga sambil menghindari tong yang dilemparkan Donkey Kong. Setahun kemudian, Mario tampil di game Donkey Kong Junior. Pada game Mario menjadi karakter antagonis karena menawan Donkey Kong. Dia harus mencegah Donkey Kong Junior membebaskan tawanannya. Sepanjang riwayatnya, hanya di game inilah Mario berperan sebagai tokoh antagonis.

Karakter Mario lahir dari Shigeru Miyamoto, sosok yang membesarkan Nintendo dengan barbagai karyanya. Namun, pada awalnya Mario yang dikenal sebagai Jumpman justru tidak bisa melompat. Namun, Shigeru Miyamoto mengembangkan karakter itu dengan kemampuan melompat guna menghadapi serbuan tong dari Donkey Kong.

Mario semakin terkenal berkat game Super Mario. Pada game tersebut, Mario diceritakan sebagai tukang ledeng. Dia bertualang di negeri jamur untuk menyelamatkan seorang putri. Selanjutnya, diperkenalkan pula game bertajuk Super Mario Bros yang menampilkan aksi super Mario bersama adiknya, Luigi. Permainan ini dirilis 13 September 1985.

Mario merupakan salah satu karakter game yang abadi. Dia telah hadir pada lebih dari 200 game dengan mempertahankan statusnya sebagai maskot Nintendo. Dia memiliki kekuatan yang unik, yakni melompati dan menginjak musuh. Sampai saat ini, game Mario masih diminati banyak orang.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten