Hanya Punya Duit Rp5.000 untuk Beli Nasi Padang, Pedagang ini Dapat Donasi Rp108 Juta dari Netizen

Pedagang agar-agar asal Garut, Mang Eman, yang videonya membeli nasi padang dengan uang Rp5.000 viral, mendapat donasi Rp108 juta.

 Mang Eman, pedagang agar-agar, menunjukkan uang hasil donasi senilai Rp108 juta. (detik.com)

SOLOPOS.COM - Mang Eman, pedagang agar-agar, menunjukkan uang hasil donasi senilai Rp108 juta. (detik.com)

Solopos.com, GARUT — Baru-baru ini warganet dibuat terenyuh oleh video yang menampilkan seorang pedagang agar-agar yang sedang membeli nasi padang. Saat itu ia hanya memiliki uang Rp5.000 atau goceng.

Diam-diam gerak-gerik pedagang agar-agar itu direkam oleh Elsa Amelia, pemilik warung padang itu, mengunggahnya di Tiktok. pegawai nasi padang menyerahkan nasi pesanan si pedagang tanpa mengambil uangnya. Pedagang yang belakangan diketahui bernama Mang Eman, 51, asal Garut itu beberapa kali terlihat membungkukkan badan tanda berterima kasih kemudian pergi.

Banyak warganet yang tersentuh dengan video itu dan viral. Berkat dorongan sejumlah pihak, Elsa kemudian membuka donasi untuk membantu Mang Eman. Hasilnya, donasi yang dikumpulkan dari warganet untuk Mang Eman mencapai seratusan juta rupiah.

Baca Juga: Ngeri! 2 Tahun Ada 18 Orang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Hal tersebut diungkapkan Elsa Amelia. Dia mengatakan sejak video Mang Eman beli nasi padang bermodal duit goceng viral dan menjadi perbincangan di TikTok, banyak warganet yang memintanya membuka donasi untuk Mang Eman.

“Awalnya saya enggak mau. Tapi karena banyak yang minta, akhirnya saya open donasi buat Mang Eman,” ujar Elsa, Sabtu (31/7/2021), seperti dikutip dari detik.com.

Terkumpul Rp108 Juta

Menurut Elsa, donasi untuk MangEman itu kemudian dibuka Kamis (29/7/2021) malam. Dalam sehari, total uang yang terkumpul mencapai seratusan juta rupiah. Donasi yang terkumpul dari warganet itu langsung disalurkan oleh Elsa kepada Mang Eman.

“Totalnya yang terkumpul Rp 108 juta,” ucap Elsa.

Donasi yang terkumpul dari warganet itu langsung disalurkan oleh Elsa ke Mang Eman.

Sekadar diketahui, Mang Eman bikin heboh pengguna TikTok setelah videonya diviralkan pemilik warung.

Dalam video berdurasi 57 detik yang diunggah akun @elsameliaa, Mang Eman terlihat mondar-mandir masuk ke warung dengan tujuan membeli.

Hal mengharukan saat dia mengepal uang Rp 5.000 untuk membeli nasi padang. Sedangkan dia memesan seporsi makanan dengan menu rendang yang harganya Rp 18.000. Saat itu, pemilik rumah makan yang iba melihatnya memutuskan untuk memberi seporsi makanan secara cuma-cuma kepada Mang Eman.

Baca Juga: Viral Bakul Bawang di Pasar Mirip Sule, Netizen Salfok

Di TikTok, video itu ditonton lebih dari 17 juta kali sejak pertama kali diunggah oleh akun @elsameliaa pada Kamis lalu. Banyak warganet yang iba dan bersimpati pada Mang Eman.

Elsa perekam video Mang Eman serta pengunggah pertama video itu di media sosial. Elsa diketahui merupakan anak dari pemilik warung masakan padang yang dikunjungi Mang Eman.

@elsameliaa

Buat yang usahanya masih lancar sampe sekarang jangan lupa bersyukur🥺🥰

♬ tulus_andai aku bisa – panyaaa


Berita Terkait

Berita Terkini

Sindikat Narkoba Dibongkar, 22 Kg Sabu Disita

Pengungkapan kasus narkoba tersebut berawal dari penangkapan tersangka pertama pada 16 September 2021 di Kabupaten Deli Serdang, dengan barang bukti 0,13 gram sabu-sabu.

Keroyok Anggota TNI AU, Lima Orang di Medan Ditangkap

Pengeroyokan anggota TNI AU tersebut terjadi di Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

PD Masuk Tiga Besar, Elektabilitas PDIP Terus Turun

Naiknya tingkat elektabilitas Partai Demokrat antara lain karena posisinya sebagai oposisi sehingga dapat memanfaatkan kekurangan kebijakan pemerintah,

Istri Diganggu, Martil Bicara

Antara tersangka dan korban ada terjadi perselisihan di mana korban sering mengganggu istri tersangka.

Polisi Memaksa Periksa HP di Jalan, Kompolnas: Tolak!

Kewenangan polisi dalam memeriksa identitas dan ranah privasi seseorang harus dilakukan sesuai prosedur.

Miris! Pemuda Ini Meninggal Gegara Duburnya Dipompa Teman yang Jail

Nasib malang menimpa seorang pemuda yang dijaiil temannya dengan memompa kompresor ke duburnya.

Polisi Usut Video Mesum Pemain Game Online

Wanita dalam video itu disebut merupakan salah satu gamers atau pemain game online dengan nama samaran Lele.

Skandal Aborsi Aktor Kim Seon Ho dan Kisah Babybox di Korea Selatan

Penggemar drama Korea Selatan sedang dihebohkan dengan skandal aktor Kim Seon Ho yang mendorong kekasihnya untuk aborsi.

Lorong Misterius di Bawah Kodim Banyuwangi, Semisterius Apa?

Kodim 0825 Banyuwangi dulunya adalah kediaman warga Belanda, lorong bawah tanah diduga tempat persembunyian,

Indonesia Kembali Terima Bantuan 1,2 Juta Dosis Vaksin

Pemerintah Indonesia kembali menerima bantuan jutaan dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin ini merupakan bantuan dari negara sahabat.

Lima Besar Kandidat Penerima Kusala Sastra Khatulistiwa 2021

Penyair Raedu Basha mengatakan sastra Indonesia berkembang dari upaya anak-anak muda yang terus berusaha membuat sastra Indonesia berkembang.

Tolak Damai, Korban Pencabulan Kapolsek Tuntut Hukuman Maksimal

Keluarga menyambut baik kecepatan Polda Sulteng dan langsung mengusut serta mencopot Iptu I Dewa Gede Nurate itu dari jabatannya.

ANIES Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024

Deklarator ANIES, Laode Basir, mengatakan kegiatan ini bermula dari diskusi empat tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta.

SBY Pamer Lukisan Replika Jepretan Almarhumah Istri, Langit Senja

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY memamerkan lukisan terbarunya, langit senja, merupakan replika foto karya almarhumah Ani Yudhoyono.

Banyak Warga Jepang Meninggal Sendirian, Inovasi AI Bantu Temukan Jasad

Meningkatnya fenomena orang tua yang meninggal sendirian di Jepang membuat agen rumah kemudian menolak penyewa lebih tua.

Berebut Debitur, Ormas dan Debt Collector Bentrok di Tangerang

Polres Metro Tangerang Kota menangkap 13 orang dari salah satu ormas seusai bentrok.