SOLOPOS.COM - Penampakan paus biru yang disebut sangat langka diabadikan di lepas pantai Maroubra, New South Wales, Australia, Senin (7/9/2020). (Instagram-@seansperception)

Solopos.com, Sydney — Seekor paus biru yang sangat langka baru-baru ini terlihat di lepas pantai Sydney, Australia. Kejadian itu bahkan sempat dipotret seorang fotografer dan diunggah di Instagramnya, @seansperception.

Kejadian itu diklaim otoritas satwa liar cukup mengejutkan karena penampakan paus biru ini hanya terjadi tiga kali selama hampir 100 tahun terakhir. Sebagiamana dikutip dari BBC oleh Solopos.com, paus itu telah terdeteksi bulan lalu di perairan pantai Maroubra di New South Wales, Sydney, Australia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

National Parks and Wildlife Service (NPWS) New South Wales (NSW) mengonfirmasi penampakan paus biru yang dianggap sangat langka tersebut, Jumat (04/09/2020). Menurut lembaga itu, paus biru yang merupakan hewan terbesar di Bumi itu sangat jarang terlihat begitu dekat dengan pantai.

BKSDA dan IAR Indonesia Selamatkan Bayi Orang Utan Cedera Kaki

“Paus biru adalah hewan terbesar di planet ini, namun meskipun ukurannya besar, ia dapat dengan mudah menyelinap ke pantai Sydney tanpa diketahui,” kata Andrew Marshall dari NPWS dalam siaran pers.

Marshall mengatakan makhluk laut itu mungkin memiliki panjang lebih dari 82 kaki atau 25 m dan beratnya lebih dari 100 ton alias 100.000 kg. Namun, terlepas dari ukurannya yang begitu besar, paus biru tidak mudah dideteksi.

Pengamatan Profesional

Bahkan pengamat profesional sekalipun sulit mendeteksi paus biru. “Sebagian besar tidak terlihat, bahkan oleh pengamat paus yang paling rajin,” kata Marshall.

Hadapi Krisis Pangan di Era Pandemi Covid-19, Gali Potensi Talas!

Ia menambahkan bahwa paus biru jarang terdeteksi oleh mata manusia karena hidupnya berada di laut lepas. Populasinya pun di seluruh penjuru dunia. Alhasil, sangat sulit untuk mendata keberadaan satwa itu.

“Mereka jarang terlihat karena mereka cenderung hidup sangat jauh di lautan luas. Populasinya tersebar luas dan kami memiliki data yang sangat terbatas tentang migrasi dan habitat kritisnya,” katanya.

Namun, kelangkaan mamalia air nan langka itu tidak menyurutkan niat seorang fotografer untuk memotret. Seorang fotografer asal Australia berhasil memotret paus biru saat berenang di sepanjang pantai dekat Maroubra.

Taman Nasional Baluran Lepas Liarkan 2 Banteng Jawa

Ia pun membagikan potongan foto paus tersebut di akun Instagram-nya, @seansperception. Dalam caption Instagram-nya, ia mengatakan bahwa dirinya sangat terpesona dan tidak bisa berkata apapun saat dirinya berhasil memotret fenomena langka tersebut.

“Saya tidak bisa berkata-kata, tetapi saya dapat melontarkan sejuta hal pada saat yang sama,” tulis fotografer tersebut tentang penampakan paus biru dalam unggahan di Instagram.

Ia menyaksikan kejadian itu tanpa sengaja. Saat itu, ia tengah berburu foto di Maroubra.

Drama Serah Terima Suami ke Pelakor Viral di Tiktok

Tiba-tiba, ia melihat seokar paus biru melintas di depannya.

ne; width:100%;" target="_blank">

rmal; font-weight:550; line-height:18px;"> View this post on Instagram

px 0 0 0; padding:0 4px;"> rmal; font-weight:normal; line-height:17px; text-decoration:none; word-wrap:break-word;" target="_blank">Blue Whale- Sydney, Australia 🐋🐳 Thought I’d share the video so it’s always there👌 Enjoy this beauty, thanks for all the kind messages & comments @sydney @australia @whalesnation @natgeoyourshot @natgeo @quadeightuav @peeedah @seayou.later @emmetbollard @ross_air_photography @1fordy1 @lonelywhale @djiglobal @skybangerz @bondilifeguards @thelifeofwhales @paditv @exploringaustralia @aussiebucketlist @sydney.explores @paradise @abcaustralia @whaletalesorg @visitnsw

px; overflow:hidden; padding:8px 0 7px; text-align:center; text-overflow:ellipsis; white-space:nowrap;">A post shared by rmal; font-weight:normal; line-height:17px;" target="_blank"> Sean (@seansperception) on

Di Depan Mata

“Kemarin saya tengah menyaksikan banyak paus bungkuk berjalan ke selatan di tempat saya biasa berburu foto di Maroubra dan salah satu keajaiban besar samudra muncul di depan saya: Seekor paus biru.”

Fotografer itu mengaku ia benar-benar sangat terpesona oleh paus itu. Ia bahkan menganggap bahwa dirinya mendapat sebuah jackpot. “Saya merasa seperti mendapatkan jackpot.”



5 Satwa Langka Bangkit dari Ancaman Kepunahan 

Marshall dari National Parks and Wildlife Service menjelaskan penampakan itu merupakan catatan pertama yang telah terverifikasi di pantai tersebut. “Catatan terverifikasi pertama dari spesies ini di lepas pantai kami,” ujarnya.

Berbeda dengan paus bungkuk, yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan populasi tahunan sekitar 10-11%, populasi paus biru di perairan NSW tetap sulit terdeteksi.

Marshall menambahkan dengan sangat langkanya keberadaan paus biru tersebut membuat satu penampakan yang terlihat menjadi sangat berharga. “Itulah mengapa penampakan seperti ini sangat berharga,” kata Marshall.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya