Hanya di Klaten, Perangkat Desa Dapat Dana Pensiun Rp7,5 Juta

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Klaten akan memberikan dana pensiun kepada perangkat desa yang purna tugas. Nilainya Rp7,5 juta.

 Ketua Yayasan Nayaka Praja Manunggal Klaten, Subana. (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Ketua Yayasan Nayaka Praja Manunggal Klaten, Subana. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Mulai Januari 2022 ini, semua perangkat desa (perdes) di Klaten yang memasuki masa pensiun bakal mendapat dana purnatugas. Nilainya Rp7,5 juta.

Selain dana pensiun, para perdes di Klaten juga akan memperoleh santunan kematian saat meninggal dunia. Santunan kematian itu diberikan kepada ahli waris perdes yang telah meninggal dunia. Nilainya Rp10 juta.

PromosiRatusan Jiwa di Jawa Tengah Dipasung Karena Alasan Malu dan Aib

“Pemberian dana purnatugas dan dana kematian ini satu-satunya di Indonesia. Ini hanya terjadi di Klaten. Di daerah lain belum ada yang bisa seperti ini. Bisa jadi, ini akan menjadi percontohan di tingkat nasional,” kata Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Klaten, Bambang Heru Subroto, saat ditemui wartawan di sela-sela acara Pelantikan dan Pengukuhan PPDI Periode 2020-2025, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga: Pelantikan Sekdes Gadungan Wedi Klaten Jadi Polemik Hingga Tertunda 3 Tahun, Begini Ceritanya

Dalam acara yang digelar di pendapa Pemkab Klaten itu dilakukan pula pengukuhan Yayasan Nayaka Praja Manunggal Klaten Periode 2022-2027. Acara ini dihadiri Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Bambang mengatakan untuk bisa mendapatkan uang purna tugas dan santunan kematian perdes harus membayar iuran bulanan Rp30.000/bulan. Iuran itu diambilkan dari penghasilan tetap (siltap) masing-masing perdes. Uang iuran itu akan dikelola Yayasan Nayaka Praja Manunggal Klaten.

“Mulai Januari 2022 ini sudah berlaku. Jika ada perdes yang pensiun atau meninggal dunia bakal memperoleh uang purnatugas atau dana kematian tadi,” kata Bambang.

Bambang mengatakan para perdes sudah mengabdi puluhan tahun. Sebagian ada yang sudah mengabdi selama 40 tahun. Dana purna tugas ini, sambungnya, semacam bentuk penghargaan bagi pengabdian mereka.

Baca Juga: Sudah Ada Edaran, Peserta Seleksi Perdes Klaten Jangan Mau Dipungut Biaya Pendaftaran

“Istilahnya dana purnatugas itu bisa untuk mendukung kelangsungan hidup [saat memasuki masa pensiun],” katanya.

Hal senada dijelaskan Ketua Yayasan Nayaka Praja Manunggal Klaten, Subana. Jumlah perdes di Klaten kurang lebih mencapai 2.600 orang yang tersebar di 26 kecamatan di Kabupaten Bersinar.

“Untuk skemanya, di tahap I, yaitu tahun 2022-2024 nilai dana purnatugas senilai Rp7,5 juta dan dana kematian senilai Rp10 juta. Terus ke depannya, di tahun 2025, angka purnatugas bisa senilai Rp10 juta. Skema yang akan dijalankan seperti itu. Perlu diketahui juga, yayasan yang kami kelola sudah berbadan hukum,” katanya.

Sebagaimana dalam Musyawarah Daerah (Musda) II,  Sabtu (13/3/2021), Bambang Heru Subroto terpilih kembali untuk menakhodai PPDI Klaten. Ia bertekad ingin meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Di antaranya dengan memberikan santunan bagi anggota yang memasuki masa purna atau pun anggota meninggal dunia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengundang Bencana di Tanah Bencana

+ PLUS Mengundang Bencana di Tanah Bencana

Ekspansi industri dan pembangunan infrastruktur di kawasan pesisir Kota Semarang hingga Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, menicayakan krisis lingkungan berupa tanah ambles dan banjir atau rob.

Berita Terkini

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).

Kenaikan Isa Almasih, Begini Suasana di Gua Maria Marganingsih Bayat

Umat Katolik melaksanakan ziarah dan doa bersama di Gua Maria Marganingsih, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (26/5/2022).

Area Parkir Graha Saba Buana Solo Banjir Karangan Bunga, Dari Siapa?

Area parkir Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah penuh dengan karangan bunga ucapan selamat untuk pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

Jijik! Sampah Menumpuk di Jembatan Sido Dadi Perbatasan Pedan-Trucuk

Tumpukan sampah terjadi di Jembatan Sido Dadi, Jl. Pedan-Trucuk, Kecamatan Pedan, Klaten, Selasa (24/5/2022).

Ini Momen Gibran Dampingi Jokowi Kunjungan ke Solo

Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Kota Solo, Jawa Tengah.

4.473 Ekor Hewan Ternak di Boyolali Kena Tracking PMK, Ini Hasilnya

Sebanyak 4.473 ekor hewan ternak di Boyolali telah di-tracking oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali terkait penyakit mulut dan kuku atau PMK.