SOLOPOS.COM - Ustaz Andi Kusuma Brata saat memberi ceramah pada manasik haji perdana di KBH Mandiri Solo, Sabtu (12/10/2019). (Istimewa)

Hanya Ada Dua Perasaan Berhaji: Senang dan Senang Sekali...

SOLO -- Ustaz yang juga motivator dari Solo, Andi Kusuma Brata, memukau jemaah calon haji (calhaj) 2020 yang mengikuti manasik perdana di Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri, Sabtu (12/10/2019) di Mandiri Center di Jl. Kahuripan Utara Raya No. 74, Sumber, Banjarsari, Solo.
"Tidak perlu ada yang ditakuti saat berhaji. Karena hanya ada dua perasaan ketika menjalankan ibadah haji itu, yaitu senang dan senang sekali," kata ustaz Andi yang disambut tawa para calhaj dan tamu undangan yang hadir.
Sebanyak 84 jamaah calhaj asal Kota Solo tercatat mengikuti bimbingan haji di KBH Mandiri. Selain mereka yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2020 itu, sejumlah undangan dan panitia pelaksana terlihat antusias mendengarkan ceramah ustaz Andi.
Menurut ustaz Anda, berangkat haji itu atas undangan Allah. Karena itu, lanjut dia, tidak perlu ada yang ditakuti. "Allah dalam surat Albaqarah di antaranya mengatakan; Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal (berhaji) adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal."
Jadi, lanjut dia, seorang yang hendak berangkat haji sepanjang telah beriman dan bertakwa kepada Allah swt tidaklah perlu mempunyai rasa bimbang dan ragu. "Sekarang tinggal menambahi bekal ilmu manasik haji yang akan diberikan oleh para tutor di KBH Mandiri ini selama 8 bulan," katanya.
Landasan dari semua itu, lanjut Andi, adalah terkait dengan ikrar kaum muslim yang telah menyatakan ridho Allah sebagai Tuhannya Islam sebagai agamanya, dan Muhammad sebagai Nabi dan Rosul mereka.
"Jika sudah demikian, maka perasaan cinta dunia dan takut mati akan hilang. Jangan takut mati, tapi jangan minta mati, namun ingat selalu akan mati," tambah Andi.
Seperti diberitakan sebelumnya Yayasan Haji Mandiri yang menyelenggarakan Kelompok Bimbingan Haji (KBH) Mandiri Solo menawarkan manasik haji bagi calon jemaah haji secara gratis alias tidak dipungut biaya selama 8 bulan.
"Kami dengan sungguh-sungguh, Insyallah seprofesional mungkin membimbing calon jemaah haji melalui program manasik gratis," tutur Ketua KBH Mandiri Solo, Bambang Nugroho Putro beberapa hari lalu. (*)?

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya