Tutup Iklan

Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

 Warga menerima bantuan beras 5 kg seusai disuntik vaksin Covid-19 di kompleks Balai Kota Solo, Senin (27/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Warga menerima bantuan beras 5 kg seusai disuntik vaksin Covid-19 di kompleks Balai Kota Solo, Senin (27/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jajaran Korem 074/Warastratama Surakarta bekerja sama dengan Pemkot Solo, BPP Hipmi, PT Maming Enam Sembilan, BPD Hipmi Jateng, serta BPC Hipmi Solo, menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 di lima lokasi berbeda, Senin (27/9/2021).

Vaksinasi yang juga diperuntukkan warga luar Solo tersebut digelar di Halaman Balai Kota Solo, Gedung Graha Saba Buana, Gedung Warastratama, Gedung Purna Yudha, serta Solo Techno Park (STP), hingga Selasa (28/9/2021).

Penyelenggara menyediakan bantuan 5 kilogram (kg) beras bagi setiap peserta vaksinasi. Danrem 074/Warastratama, Kol (Inf) Rudy Saladin, mengatakan bantuan beras sebagai daya tarik supaya masyarakat antusias divaksin Covid-19.

Baca Juga: Granat Nanas di Dekat Stasiun Solo Balapan Sempat Dikira Mainan

“Juga untuk sedikit membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah kodisi pandemi Covid-19,” ujarnya saat diwawancarai wartawan.

Tidak main-main, sebanyak 30 ton beras disiapkan panitia selama dua hari vaksinasi Covid-19 di lima lokasi tersebut. Beras sebanyak itu untuk 20.000 peserta vaksinasi. “Seluruh peserta vaksinasi di lima lokasi pada hari ini dan besok [Selasa] dapat beras. Jumlah sasaran dua hari ini sebanyak 20.000 orang,” katanya.

Rudy menjelaskan dari lima lokasi vaksinasi itu, tiga lokasi di antaranya khusus untuk warga luar Solo. Tiga lokasi tersebut yakni Gedung Warastratama Jl Adi Sucipto, Gedung Purna Yudha Jl Adi Sucipto, dan STP di Kelurahan Jebres.

Baca Juga: Seru, Universitas Duta Bangsa Solo Gelar Outbound Dosen dan Tendik

Akselerasi Capaian Vaksinasi Soloraya

“Di STP untuk warga Karanganyar dan Sragen, Gedung Warastratama untuk warga Sukoharjo dan Wonogiri, Gedung Purna Yudha untuk warga Boyolali dan Klaten. Sasaran, mereka yang berdomisili, beraktivitas sosek [sosial ekonomi] di Solo,” urainya.

Menurut Rudy, serbuan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar warga luar Solo sangat penting untuk mengakselerasi capaian vaksinasi di Soloraya. Sebab selama ini cukup banyak warga luar Solo yang pada siang hari bekerja di Kota Bengawan.

Pada siang hari orang yang berada dan beraktivitas di Solo ditengarai lebih dari dua juta orang. Sedangkan pada malam hari warga yang tinggal di Solo hanya sekitar 500.000 orang. Artinya banyak di antara mereka yang dari luar Solo.

Baca Juga: Anggota DPR: Kurang Anggaran Bikin Digitalisasi Buku Solo Tak Maksimal

“Logika saya, mereka kembali ke kabupaten masing-masing. Mungkin saat digelar vaksinasi di daerah masing-masing, mereka belum bisa ikut karena sejak pagi sudah bekerja di Solo, sampai malam, hingga vaksinasi selesai,” terangnya.

Dengan serbuan vaksinasi Covid-19 lintas daerah yang dilakukan, Rudy berharap herd immunity di Soloraya bisa cepat tercapai. Salah seorang peserta vaksinasi asal Polokarto, Sukoharjo, Yuliawan, mengaku senang bisa mengikuti vaksinasi di Solo.

Apalagi pegawai yang sehari-hari bekerja di Candi Elektronik Solo itu mendapatkan bantuan beras 5 kilogram.


Berita Terkait

Berita Terkini

727 Peserta Tak Lolos CBT Seleksi Perangkat Desa Wonogiri

Peserta CBT seleksi perangkat desa Wonogiri yang memenuhi batas minimal sebanyak 1.869 orang.

PPKM Level 3 Batal, Pelaku Pariwisata Percaya Diri Pasang Target Tinggi

Pembatalan PPKM Level 3 membuat pelaku bisnis perhotelan optimistis bisa menaikkan target okupansi pada libur Nataru nanti.

Seleksi Perangkat Desa Wonogiri Terhenti 40 Menit, Peserta Sempat Panik

Setelah bisa diatasi, peserta dapat mengerjakan soal sampai akhir dengan waktu dari nol lagi.

Sumberbulu Karanganyar Raih Sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan

Di Jateng hanya ada dua desa wisata yang meraih sertifikat desa wisata berkelanjutan. Salah satunya adalah Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar.

Meteran Listrik Disambar Petir, Air Bersih Desa Tawangrejo Klaten Macet

Sumur Pamsimas itu dimanfaatkan warga dua RW di Dukuh Jetis, Desa Tawangrejo, Bayat, Klaten.

Belum Dievakuasi, Mobil SAR UNS Solo Terjebak Lahar Semeru Tak Terlihat

Mobil SAR UNS Solo yang terjebak dan tertimbun lahar dingin saat menolong korban erupsi Gunung Semeru belum bisa dievakuasi karena banyak kendala.

Bupati Karanganyar Kirim 3 Truk Bantuan dan 15 Sukarelawan ke Lumajang

PUDAM Tirta Lawu dan SAR Karanganyar berhasil mengumpulkan bantuan sembako dan lainnya sebanyak tiga truk untuk korban erupsi Semeru di Lumajang.

Sukarelawan Boyolali Kirim Sayuran ke Kawasan Gunung Semeru

Berdasarkan informasi yang didapat dari jaringan RAPI di Lumajang, masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru masih membutuhkan beberapa jenis bantuan, di  antaranya adalah sayur-sayuran.

2 Desa di Sukoharjo Dilanda Hujan Angin, 1 Rumah Warga Rusak

Satu rumah warga rusak akibat terjangan hujan angin yang melanda dua desa di dua kecamatan berbeda wilayah Kabupaten Sukoharjo, warga diminta tingkatkan kewaspadaan.

Relasi Dunia Pendidikan dan Industri di Karanganyar Perlu Ditingkatkan

Kadin Karanganyar meminta dunia pendidikan bisa menangkap apa yang menjadi kebutuhan dunia industri. Sehingga lulusan sekolah bisa dengan mudah terserap di dunia kerja.

Solo Hari Ini: 9 Desember 2015, Momen Rudy-Purnomo Menangi Pilkada

Enam tahun lalu, tepatnya pada 9 Desember 2015, pasangan F.X. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo, meraih 63% suara sekaligus memenangi Pilkada Kota Solo.

Pelaku Perampokan Pet Shop Klodran Karanganyar Teridentifikasi

Polisi sudah menyita sepeda motor pelaku dari kediamannya. Sementara, barang yang diduga pistol yang digunakan saat merampok masih dicari.

Kian Lengkap, Ini Tarif Paket Terbaru Desa Wisata Sumberbulu Mojogedang

Ada lima paket wisata yang ditawarkan pengelola Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar kepada para wisatawan. Semuanya dipatok dengan harga menarik.

Mayat Perempuan Lansia Ditemukan di Sungai Craken Sragen

Perempuan lanjut usia ditemukan meninggal dunia di saluran Sungai Craken Sragen. Tak ada tanda-tanda penganiayaan pada tubuh korban.

Ibu-Ibu Jatisuko Karanganyar Dapat Pelatihan Menjahit dari Desa

Pemerintah Desa Jatisuko, Kecamatan Jatipuro, Karanganyar, berinisiatif menggelar pelatihan menjahit bagi ibu-ibu rumah tangga setempat untuk meningkatkan keterampilan mereka.