Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

 Warga menerima bantuan beras 5 kg seusai disuntik vaksin Covid-19 di kompleks Balai Kota Solo, Senin (27/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Warga menerima bantuan beras 5 kg seusai disuntik vaksin Covid-19 di kompleks Balai Kota Solo, Senin (27/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jajaran Korem 074/Warastratama Surakarta bekerja sama dengan Pemkot Solo, BPP Hipmi, PT Maming Enam Sembilan, BPD Hipmi Jateng, serta BPC Hipmi Solo, menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 di lima lokasi berbeda, Senin (27/9/2021).

Vaksinasi yang juga diperuntukkan warga luar Solo tersebut digelar di Halaman Balai Kota Solo, Gedung Graha Saba Buana, Gedung Warastratama, Gedung Purna Yudha, serta Solo Techno Park (STP), hingga Selasa (28/9/2021).

Penyelenggara menyediakan bantuan 5 kilogram (kg) beras bagi setiap peserta vaksinasi. Danrem 074/Warastratama, Kol (Inf) Rudy Saladin, mengatakan bantuan beras sebagai daya tarik supaya masyarakat antusias divaksin Covid-19.

Baca Juga: Granat Nanas di Dekat Stasiun Solo Balapan Sempat Dikira Mainan

“Juga untuk sedikit membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah kodisi pandemi Covid-19,” ujarnya saat diwawancarai wartawan.

Tidak main-main, sebanyak 30 ton beras disiapkan panitia selama dua hari vaksinasi Covid-19 di lima lokasi tersebut. Beras sebanyak itu untuk 20.000 peserta vaksinasi. “Seluruh peserta vaksinasi di lima lokasi pada hari ini dan besok [Selasa] dapat beras. Jumlah sasaran dua hari ini sebanyak 20.000 orang,” katanya.

Rudy menjelaskan dari lima lokasi vaksinasi itu, tiga lokasi di antaranya khusus untuk warga luar Solo. Tiga lokasi tersebut yakni Gedung Warastratama Jl Adi Sucipto, Gedung Purna Yudha Jl Adi Sucipto, dan STP di Kelurahan Jebres.

Baca Juga: Seru, Universitas Duta Bangsa Solo Gelar Outbound Dosen dan Tendik

Akselerasi Capaian Vaksinasi Soloraya

“Di STP untuk warga Karanganyar dan Sragen, Gedung Warastratama untuk warga Sukoharjo dan Wonogiri, Gedung Purna Yudha untuk warga Boyolali dan Klaten. Sasaran, mereka yang berdomisili, beraktivitas sosek [sosial ekonomi] di Solo,” urainya.

Menurut Rudy, serbuan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar warga luar Solo sangat penting untuk mengakselerasi capaian vaksinasi di Soloraya. Sebab selama ini cukup banyak warga luar Solo yang pada siang hari bekerja di Kota Bengawan.

Pada siang hari orang yang berada dan beraktivitas di Solo ditengarai lebih dari dua juta orang. Sedangkan pada malam hari warga yang tinggal di Solo hanya sekitar 500.000 orang. Artinya banyak di antara mereka yang dari luar Solo.

Baca Juga: Anggota DPR: Kurang Anggaran Bikin Digitalisasi Buku Solo Tak Maksimal

“Logika saya, mereka kembali ke kabupaten masing-masing. Mungkin saat digelar vaksinasi di daerah masing-masing, mereka belum bisa ikut karena sejak pagi sudah bekerja di Solo, sampai malam, hingga vaksinasi selesai,” terangnya.

Dengan serbuan vaksinasi Covid-19 lintas daerah yang dilakukan, Rudy berharap herd immunity di Soloraya bisa cepat tercapai. Salah seorang peserta vaksinasi asal Polokarto, Sukoharjo, Yuliawan, mengaku senang bisa mengikuti vaksinasi di Solo.

Apalagi pegawai yang sehari-hari bekerja di Candi Elektronik Solo itu mendapatkan bantuan beras 5 kilogram.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.

Terungkap, Tuduhan Selingkuh Jadi Pemicu Perkelahian Maut Sahabat Karib

Dalam pengaruh miras, Trimo diduga menuding pelaku, yakni Soleman, yang juga mabuk, telah berselingkuh dengan istrinya. Keributan terjadi yang berujung pada pembacokan.

Ini Dia Juara Mas Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021

Zaki Adi Saputra dan Fransiska Ervin P.N terpilih sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Sukoharjo 2021 yang diselenggarakan Pemkab Sukoharjo.

Korban Tak Lapor, Polres Klaten Tetap Selidiki Pembegalan di Ngawen

Meski sudah diminta, bakul karak yang jadi korban pembegalan di Ngawen, Klaten, enggan melapor ke polisi. Biar begitu, polisi tetap menyelidiki kasus tersebut.

Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Soleman, 65, menyerahkan diri ke Polsek Jogonalan setelah membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, diantar Ketua RW.

Korsleting, Rumah Warga Senden Klaten Kebakaran

Musibah kebakaran melanda rumah warga di Kundenrejo RT 012/RW 005, Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Sabtu (23/10/2021) pagi.

BMKG Perkirakan Cuaca Buruk Landa Soloraya, Waspada Banjir & Longsor

BMKG memprediksi cuaca buruk landa Soloraya, warga diminta hindari kawasan rawan banjir dan longsor.

1 Meninggal Akibat Perkelahian 2 Sahabat, Pelaku Dikenal Jagoan Kampung

Soleman, 65, warga Bangunrejo Kidul, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, yang tega membunuh sahabat karibnya, Trimo Lewong, 65, dikenal sebagai jagoan kampung.

Sempat Dicap Partai Sandal Jepit & Preman, Rudy: PDIP Sekarang Berubah

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengakui patainya sempat membuat warga takut dan dicap preman.