SOLOPOS.COM - Kebakaran Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan atau lazim disingkat Badan POM di Jakarta, Minggu (18/7/2021). (Twitter-Pemadam DKI Jakarta)

Solopos.com, JAKARTA — Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jalan Percetakan Negara Raya No. 29, Johar Baru, Jakarta Pusat, terbakar Minggu (18/7/2021) malam. Banyak kertas hangus dilalap si jago merah dalam peristiwa tersebut.

Kebakaran tadi malam menghanguskan sejumlah kertas di lantai 1 Gedung F di area Kantor BPOM.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Gedung 6 lantai perkantoran, Gedung F. Yang kebakar lantai 1 saja. Nggak semua. Lantai 1 saja,” ucap Perwira Piket Damkar Jakarta Pusat, Achmad Saiful Kahfi, kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Luhut Yakin Pandemi Covid-19 Membaik di Akhir Juli

Saiful menerangkan luas lantai 1 gedung yang terbakar diperkirakan berukuran 8×25 meter. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Hanya saja, menurut Saiful, peralatan kantor mulai dari komputer hingga kertas-kertas banyak yang terbakar.

“Kalau kita datang awal memang yang terbakar kertas-kertas itu, banyak. (Gedung lantai 1) Memang kantor semua, ada laptop, komputer, macam-macam,” jelas Saiful dilansir detik.com.

Saiful menerangkan kendala pemadaman api lantaran asap pekat yang membubung sampai ke lantai 6 gedung. Asap pekat itu karena kertas-kertas yang terbakar.

Baca juga: Di Jateng, Menkes Berbaju Hazmat Blusukan di Shelter Covid-19

“Asapnya juga banyak, kan yang terbakar kertas tuh, banyak kertasnya, kan asapnya jadi lebih banyak kalau kertas tuh, jadi agak kewalahan (petugas BPOM) perlu alat bantu. Jadi kalau kertas kan sulit, karena di atas bisa kena air, bawahnya nggak kena air, jadi kalau kita tinggalin bisa nyala lagi, harus kita urai dulu, baru kita semprotin lagi, sisir ke lantai atas ternyata asapnya sudah sampai 5 dan 6,” terang Saiful.

Sementara itu, menurut Humas Dinas  Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Mulat Wijayanto, dalam keterangannya, Minggu, laporan kebakaran kantor BPOM diterima pukul 21.30 WIB.

“Objek Kantor BPOM (BUP). Jenis bangunan tinggi (BT),” kata dia.

Kronologi Kejadian

Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Kantor BPOM Jakarta itu.

Kepala Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal menjelaskan menuturkan laporan awal kebakaran berasal dari warga yang datang ke sektor Damkar Johar Baru.

Menurutnya, api sudah bisa dikuasai per pukul 22.17 WIB hingga akhirnya padam. Dia mengatakan proses pendinginan dilakukan mulai pukul 23.00 WIB.

“Dugaan penyebab [kebakaran] korsleting listrik,” ucap Asril Rizal.

Baca juga: Kebakaran Landa Kantor BPOM di Jakarta Pusat

Dia menyebut awalnya di bangunan tersebut sedang dilakukan perbaikan panel di lorong F timur dan F barat. Namun ketika menaikkan MCB atau saklar listrik timbul ledakan.

“Ketika menaikkan MCB timbul ledakan. Petugas keamanan BPOM ingin melakukan pemadaman, karena asap yang ditimbulkan pekat petugas kewalahan melakukan pemadaman,” jelas Asril.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya