Benarkah Tinggalkan Hand Sanitizer di dalam Mobil Bisa Terbakar?
Ilustrasi hand sanitizer (Freepik),

Solopos.com, SOLO -- Baru-baru ini ada laporan terkait hand sanitizer yang ditinggalkan di dalam mobil terbakar. Laporan tersebut diperoleh dari Organisasi Pemadam Kebakaran Western Lake di Amerika Serikat.

Dilansir Detik.com, Jumat (22/5/2020), agensi keselamatan tersebut melaporkan peristiwa kebakaran karena pengendara meninggalkan hand sanitizer di dalam kendaraan.

4 Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Pendiam, Mau Tahu?

Di laporan tersebut juga dijelaskan bahwa bahan baku hand sanitizer tersebut adalah alkohol  sehinggat sangat mudah terbakar.

"Jadi menyimpan hand sanitizer di mobil Anda ketika cuaca sedang panas, maka itu akan mengekspos sinar Matahari ke botol hand sanitizer. Itu dapat menyebabkan bencana," bunyi laporan tersebut.

Terapkan Protokol Kesehatan J3K, Gojek Tuai Pujian dari Mitra dan Pelanggan

Lalu, apakah benar meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil bisa terbakar?

Seperti yang diketahui, kandungan alkohol pada hand sanitizer memang mudah terbakar, terutama jika terkena panas dalam jangka waktu yang lama.

Praktis dan Mudah Bikin Nasi Kebuli dengan Bumbu Instan Ini, Mau Coba?

Sebagaimana artikel yang tayang di Suara.com, ketika suhu meningkat, ahli kesehatan memperingatkan agar masyarakat tidak meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil.

Tak hanya mobil, mereka juga meminta masyarakat untuk tidak menaruh hand sanitizer di sembarang tempat yang mudah terkena panas, misalnya di dapur atau dekat kompor.

Musim Hujan Tiba, Cegah Rumah Lembab dan Bocor dengan Cara Ini

Ilustrasi mobil terbakar (Youtube)
Ilustrasi mobil terbakar (Youtube)

Namun, perlu diketahui hand sanitizer bisa terbakar jika mencapai suhu 300 derajat Celcius atau lebih.

Bisa Merusak Kualitas Hand Sanitizer

Selain bisa terbakar, hand sanitizer di dalam mobil yang terkena panas langsung bissa merusak kualitas cairan pembersih tangan itu. Sehingga hand sanitizer akan berair dan tak dapat lagi digunakan.

Muncul Memar Biru Setelah Bangun Tidur, Gara-gara Dijilat Setan?

Maka dari itu, disarankan untuk menyimpan hand sanitizer di tempat aman dan jangan lupa untuk menutup bagian tutup botol hand sanitizer.

Tahu Nggak? Ternyata Ini Lho Urutan Mandi yang Benar

Ini Tips Aman Olahraga Saat Musim Hujan, yang Mager Minggir!

Berita Kesehatan Terbaru

Sumber: Liputan6.com. Suara.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom