SOLOPOS.COM - Hamzah Haz (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Beredar kabar di media sosial, Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia Hamzah Haz meninggal dunia. PPP membantah isu tersebut dan menyatakan mantan Ketua Umum PPP itu masih hidup.

Di media sosial, termasuk Twitter juga grup WhatsApp, ada sejumlah akun mencuitkan isu meninggalnya Hamzah Haz. Dikabarkan mantan Wakil Presiden tersebut meninggal dunia pada Senin, 19 Oktober 2020, pukul 13.45 WIB.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Namun anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani membantah isu tersebut.

"Ajudannya telepon ajudan saya, beliau (Hamzah Haz) masih hidup," kata Arsul saat dikonfirmasi, Senin (19/10/2020) pukul 15.30 WIB.

Waduh...Norovirus Sudah Ada di Indonesia, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Sebelumnya, politikus PPP Achmad Baidowi juga meluruskan soal kondisi terkini mantan Ketua Umum PPP itu. Menurutnya, kondisi kesadaran Hamzah Haz memang menurun dan dalam perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Mohon doanya," katanya.

Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha mengabarkan memang kondisi Wakil Presiden ke-19 itu menurun sejak pagi tadi. "Karena ngedrop pagi-pagi tadi. Mohon doa panjang umur," kata Ketua PPP Syaifullah Tamliha.

Dosen FH UNS Solo Meninggal Positif Covid-19, Begini Kronologinya Menurut Rektor

Kondisi Stabil

Hamzah Haz saat ini dirawat di RSPAD. Dia disebut mengalami gangguan organ. Per Jumat 15 Oktober lalu, sudah diberi alat bantu pernapasan. Saat itu kondisinya disebut terkontrol.

"Ya sakit gangguan organ, karena usia yang sudah sepuh saja," kata Arsul.

Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Hamzah Haz sempat kekurangan oksigen. Namun kondisi Wakil Presiden ke-9 tersebut kini sudah stabil.

Siswi SMKN 1 Ngawi Gugat Omnibus Law UU Ciptaker ke MK, Ini Kata Sang Ayah

Menurut Bey Machmudin, pihaknya meneruskan pesan dari tim dokter kepresidenan. Kini  mantan Ketua Umum PPP tersebut masuk ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Info dr Kol CKM Rakhmat Sekretaris Dokter Kepresidenan 2019-2024: Bapak Hamzah Haz masuk CICU RSPAD dari ruang rawat karena tensi rendah dan kekurangan oksigen pada dua jam yang lalu. Sekarang kondisi stabil," kata Bey lewat pesan singkat, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya