SOLOPOS.COM - Pertamina Patra Niaga mulai hari ini menerapkan uji coba pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina pada kendaraan roda empat. (Antara/Raisan Al Farisi)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 19 dari total 23 stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU di Kota Solo sudah bisa melayani pembelian BBM pakai aplikasi MyPertamina. Namun demikian, jumlah pemakai aplikasi itu di Kota Bengawan masih minim.

Kebanyakan pengguna aplikasi itu membeli bahan bakar jenis Pertamax. Pengelola SPBU Manahan, Catur Husodo, mengatakan pengguna aplikasi MyPertamina ada sedikit peningkatan walaupun tidak signifikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada peningkatan sedikit untuk saat ini, bukan hanya roda empat, tapi roda dua juga sama,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di SPBU Manahan, Minggu (3/7/2022).

Catur mengatakan pengguna aplikasi MyPertamina di SPBU Manahan Solo kebanyakan adalah pemakai Pertamax. Namun belakangan ini pengguna aplikasi MyPertamina yang membeli pertalite dan bio solar juga meningkat.

“Malah dulu pas belum ada rumor penggunaan aplikasi [untuk membeli BBM bersubsidi], yang banyak malah pengguna pertamax, sekarang yang pertalite juga ada, bio solar masih jarang,” jelasnya.

Baca Juga: Walah! Ternyata Banyak Warga Solo Yang Belum Tahu Aplikasi MyPertamina

Petugas SPBU Pajang, Yudi Aris, mengatakan hal senada. Menurutnya, pengguna aplikasi MyPertamina di SPBU Pajang adalah pembeli Pertamax. Bahkan dia belum pernah menjumpai pembeli Pertalite maupun solar yang menggunakan aplikasi tersebut.

“Ada yang gunain tapi belinya Pertamax, tapi ya jarang, enggak banyak. Pertalite di sini malah belum nemuin [yang beli pakai MyPertamina],” ucapnya.

Perangkat Digitalisasi

Ia mengatakan sejauh ini belum ada kendala tentang penggunaan aplikasi MyPertamina di SPBU Pajang, Solo. “Kalau kendala belum ada sejauh ini, itu pun jarang yang pakai aplikasi, masih banyak yang pakai uang tunai,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Baca Juga:Beli Pertalite Wajib Pakai MyPertamina? Warga Solo: Malah Bikin Ribet!

Pantauan Solopos.com di SPBU Pajang, sejak pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB, tak satu pun pengendara yang melakukan transaksi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Sementara itu, Sales Branch Manager PT Pertamina (Persero) Wilayah Solo, Joko Priyambodo, mengatakan belum keseluruhan SPBU di Kota Solo dibekali perangkat pendukung untuk aplikasi MyPertamina.

Menurutnya, dari total keseluruhan SPBU di Solo yang berjumlah 23 unit, 19  SPBU sudah terpasang perangkat digitalisasi baik software dan hardware dari Pertamina dan Telkom. Namun ia belum bisa memerinci SPBU mana saja yang sudah melayani dan mana yang belum.

Baca Juga: Hoaks! Malam Ini Solo Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina

“Untuk wilayah Solo sendiri itu jumlah SPBU ada 23 [22 SPBU Reguler dan 1 SPBU Mini]. Saat ini sudah ada 19 SPBU Reguler di Solo yang sudah terdigitalisasi,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Joko menambahkan ke depan seluruh SPBU di Solo akan menerapkan proses digitalisasi agar pengguna MyPertamina semakin menjangkau warga Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya