Hampir Kelar, Edutorium UMS Solo Dilengkapi Tribune VVIP Hingga 4 Lift
Pekerja menyelesaikan pekerjaan berkaitan dengan fasilitas di gedung Edutorium UMS, Solo, Jumat (16/10/2020). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO -- Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS di perbatasan Solo dan Karanganyar sudah hampir kelar. Bangunan megah itu akan menjadi venue dari sejumlah kegiatan perayaan hari jadi ke-62 kampus tersebut.

Kampus yang berpusat di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, ini pun menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan hari jadi mereka.

Mulai dari penanaman pohon, kerja bakti civitas akademika secara berkelanjutan pada 16-23 Oktober di sekitar gedung Edutorium UMS, hingga lomba fotografi.

Tambah 14 Warga Klaten Terkonfirmasi Positif Virus Corona, Dari Mana Saja?

Puncak acara peringatan HUT UMS rencananya juga akan menggunakan gedung Edutorium, Jl Adisucipto, Solo, yang kini sudah hampir jadi pembangunannya.

Pantauan Solopos.com, Jumat (16/10/2020), gedung berwarna dominan putih ini tampak megah. Hampir semua bagian luar gedung tersebut sudah terlihat sempurna pembangunannya. Artinya, sudah tidak ada lagi bagian yang bolong/belum tertutup dinding.

Lebih dekat, menuju gedung yang menghadap ke utara ini, pengunjung yang masuk lewat pintu utama dari Jl Adisucipto akan langsung bertemu teras drop off untuk menurunkan dan menaikkan penumpang dari mobil.

Waspada Lur! Risiko Covid-19 Sukoharjo Pekan Ini Naik Ke Zona Merah

Area Drop Off

Ruangan pertama setelah area drop off pada Edutorium UMS Solo itu adalah lobi yang cukup luas. Terdapat dua buah eskalator yang akan mengantar pengunjung ke lantai atas maupun bawah.

Ruang berikutnya adalah ruangan utama yang cukup besar dengan letak panggung pada sisi selatan menghadap ke utara. Ruangan utama ini memiliki 10 pintu keluar sehingga pengosongan ruangan bisa lebih cepat.

Dari ruangan utama ini terlihat tribune yang mengelilingi, kecuali sisi selatan. Pada tribune ini juga sudah terpasang kursi-kursi pengunjung, termasuk kursi khusus VIP, VVIP, dan pers/media.

Tak Hanya Nama, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kauman Solo Juga Punya Banyak Kesamaan Lain

“Gedung ini bisa menampung total pengunjung sekitar 8.000 hingga 10.000 orang pada lantai atas [tribune] dan lantai bawah,” ujar Side Quality Health Safety and Environment (QSHE) Manager dari PT Brantas Abripraya, M Idris Sapardi.

Ia menambahkan, selain eskalator, dalam gedung Edutorium UMS Solo ini juga akan ada empat unit lift pada sisi yang berbeda untuk membawa pengunjung naik-turun dari ground floor (GF) hingga lantai III.

Meski berkapasitas besar, ruangan akan tetap sejuk dengan pengatur suhu udara (AC). Selain itu, suara dari pusat kegiatan akan terbagi melalui sound system pada sekeliling ruangan.

Boyongan Pedagang Pasar Klewer Solo Timur Dimeriahkan Kirab, Sempat Picu Kerumunan

Lahan Parkir

Suara ini dikendalikan dari beberapa ruang kontrol, salah satunya di belakang panggung. Fasilitas lain adalah lahan parkir kendaraan yang terletak pada area GF dan area luar gedung.

Sementara itu, pada kegiatan kerja bakti perdana dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ini, Jumat, tampak hadir Rektor UMS Sofyan Anif, Dahlan Rais dari Badan Pengurus Harian (BPH) UMS, dan lainnya.

Dahlan Rais mengatakan tema HUT ke-62 UMS adalah "Tetap Berprestasi di Era Pandemi". Menurutnya, kampus harus memberikan kontribusi nyata.

Tabrak Truk Di Jalan Solo-Purwodadi, Sopir Ambulans Patah Tulang Paha

“Mulai dari hal yang kecil, kemudian merambah ke permasalahan yang lebih besar seperti kemiskinan pendidikan dan problema kondisi sekarang merupakan tanggung jawab bersama,” ujarnya lewat siaran pers UMS.

Sementara itu, Rektor Sofyan Anif mengatakan bahwa saat ini adalah momentum membangun kultur dalam lingkungan UMS.

“Semua memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi. Dalam waktu tiga tahun terakhir, sudah tampak raihan prestasi UMS,” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom