SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — F.X. Hadi Rudyatmo alias Rudy sudah empat periode (2000-2020) atau hampir 20 tahun memimpin Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo.

Kini dia mengaku sudah lelah dan ogah dicalonkan lagi untuk periode 2020-2025. “Aku emoh [tidak mau]. Saya sudah tidak mau mencalonkan. Sudah 20 tahun jadi Ketua DPC. Saya enggak pernah mencalonkan, tapi dicalonkan oleh teman-teman. Hidup saya total 43 tahun untuk partai, dari tingkat bawah. Wis kesel [sudah capek]. Biar yang lain saja. Jadi pembantunya Ketua DPC ya boleh. Saya tak genti leren [gantian istirahat],” kata dia kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Rudy mendukung siapa pun kader PDIP untuk menjadi Ketua DPC di kandang banteng itu. Namun, calon tersebut harus memiliki loyalitas terhadap pimpinan partai dan partai.

Selain itu juga wajib merintis karier di jenjang struktural kepartaian. “Syarat itu ada di dalam juklak-juknis [petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis]. Karier struktural kepartaian itu penting,” ucapnya.

Mengenai teknis pemilihan, Rudy menjelaskan setiap Pengurus Anak Cabang (PAC) mencalonkan nama-nama Ketua DPC pada rapat kerja cabang (rakercab) yang digelar Selasa malam. Hasil usulan dari PAC itu kemudian diserahkan pada Ketua DPC dan jajarannya periode saat ini.

“Ketua DPC dan jajarannya yang menentukan nama-nama calon ketua yang dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat [DPP]. DPP kemudian memberikan rekomendasi calon ketua pada konferensi cabang [konfercab],” jelas Wali Kota Solo itu.

Pada rakercab tersebut juga muncul nama-nama yang akan dicalonkan menjadi ketua PAC. Baik calon ketua PAC maupun calon ketua DPC akan dibahas pada Kongres V PDIP di Bali pada 8 Agustus mendatang.

Ketua PAC PDIP Pasar Kliwon, Ekya Sih Hananto, menyampaikan musyawarah anak cabang (musancab) Pasar Kliwon berlangsung Selasa sore. “Selasa sore kami rapat dan nama ketua DPC yang dicalonkan harus sudah ada untuk rakercab malam harinya. Begitu juga untuk nama calon ketua PAC periode selanjutnya. Saya serahkan kepada kuorum dan jajaran pengurus anak cabang, apakah saya dicalonkan lagi atau tidak. Musancab PAC lain se-Solo juga serentak Selasa ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya