Lewis Hamilton berada di balik kemudi W10, mobil baru Tim Mercedes F1, saat uji coba di Sirkuit Silverstone, Inggris, Rabu (13/2/2019). (Twitter-@mercedes-AMGF1)

Solopos.com, NORTHAMPTON — Ada sebuah tren aneh yang terjadi di GP Inggris sejak tahun 2000. Sejak awal milenium baru, peraih pole position selalu gagal menjuarai balapan di Sirkuit Silverstone. Pemenang GP Inggris justru muncul dari pembalap yang start dari posisi kedua, ketiga atau keempat.

Fakta tersebut tentu menjadi kabar buruk bagi pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, yang menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (13/7/2019) malam WIB. Catatan waktunya yakni 1 menit 25,093 detik unggul tipis 0,006 detik dari rekannya, Lewis Hamilton, yang start dari posisi kedua. Jika melihat performa Hamilton dan “bumbu kutukan” peraih pole position, bisa jadi juara bertahan F1 tersebut bakal kembali berjaya di GP Inggris.

Hamilton setidaknya sudah lima kali juara di hadapan publiknya sendiri yakni tahun 2018, 2014, 2015, 2016 dan 2017. Saat dia meraih pole position pada 2018, gelar juara justru direbut Sebastian Vettel. Kegagalan itu membuat ambisinya melampaui rekor Jim Clark dan Alain Prost sebagai pembalap dengan gelar terbanyak di Silverstone harus tertunda.

Race pada Minggu (14/7/2019) malam WIB tentu menjadi momen yang pas bagi Hamilton untuk mengukir gelar keenam di Inggris sekaligus mencatat rekor baru. “Ini [hasil kualifikasi] tak terlalu bagus. Namun GP Inggris adalah balapan terbaik tahun ini, banyak energi dari penonton yang saya rasakan,” ujar Hamilton dilansir Autosport, Sabtu.

Sementara itu, Charles Leclerc yang sempat menjadi yang tercepat di latihan bebas III harus puas dengan start dari posisi ketiga. Dia merasa mobil Mercedes memiliki kelebihan saat melahap tikungan, sesuatu yang belum dapat diimbangi Ferrari. “Banyak pekerjaan yang harus kami lakukan.”

Mercedes memang tampil sangat dominan di musim ini. Mereka tak pernah gagal naik podium dari sembilan seri berlalu. Hal tersebut membuat mereka menguasai klasemen pembalap. Hamilton kini menempati posisi puncak dengan 197 poin, unggul 31 angka dari Bottas di urutan kedua. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten