SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Data isian kartu keluarga (KK) di sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Ngadirojo diketahui banyak mengalami kekeliruan dalam proses pemutakhiran tahun 2010. Tingkat kesalahan relatif bervariasi, namun ada yang mencapai 75%.

Sekretaris Desa (Sekdes) Ngadirojo Lor Kecamatan Ngadirojo, Slamet Riyadi, menyebutkan banyaknya kesalahan KK mengakibatkan program pemutakhiran data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terhambat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan kegiatan tersebut sebenarnya dijadwalkan selesai pertengahan Desember, namun molor karena sebagian besar data KK harus dikoreksi.

“Kesalahan data pendidikan dan pekerjaan paling banyak ditemukan. Setelah itu nama dan tanggal lahir. Padahal untuk dua kekeliruan terakhir, koreksi KK harus dilakukan dengan melampirkan surat keterangan,” ungkapnya kepada Espos di Kantor Desa Ngadirojo Lor, Rabu (29/12).

Menurut Slamet, jumlah KK di desanya hampir mencapai 2.000 buah. Dari jumlah tersebut, 75% data KK yang dimiliki warga terdapat kesalahan.

Tingginya tingkat kesalahan diduga karena warga enggan mengajukan perbaruan setelah adanya perubahan data. Berbeda dengan koreksi nama dan tanggal lahir, perubahan data terkait pendidikan dipersyaratkan melampirkan ijazah terakhir.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya