SOLOPOS.COM - ilustrasi

Jakarta (Solopos.com)–Setelah merebak di berbagai daerah, hama ulat bulu juga dilaporkan berbiak di Cirebon, Jawa Barat.

“Wabah ulat bulu merambah ke desa kami, Desa Kalibaru blok Pegebangan, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon. Ada ratusan,” kata warga setempat, Triatmi, Selasa (19/4/2011).

Menurutnya, ulat bulu tersebut menempel di dua pohon mangga milik tetangganya sejak hari Minggu (17/4/2011) lalu. Namun salah satu pohon telah ditebang untuk mengurangi populasi ulat bulu itu.

Menurut Triatmi, hingga saat ini belum ada pihak dinas terkait yang memeriksa kehadiran ulat bulu di desanya. Para warga pun tidak terlalu terusik dengan kehadiran hewan melata tersebut.

“Belum ada keluhan gatal-gatal karena ulatnya masih di pohon, belum merambat ke rumah. Anak-anak juga sudah diminta untuk tidak dekat-dekat dengan pohon tersebut,” imbuhnya.

Berkurangnya populasi predator alami ulat bulu ditengarai sebagai penyebab wabah ulat bulu di sejumlah wilayah di tanah air. Hal ini mengakibatkan ulat bulu menjadi wabah yang berbahaya.

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana Andi Arief beberapa waktu lalu juga menyampaikan penggunaan pestisida di lahan pertanian bisa menjadi penyebab ulat bulu mewabah. Karena pemangsa serangga dari jenis bakteri dan virus juga tak mampu berkembang biak di alam.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya