Halo UMKM Wonogiri, Ini Link untuk Pendaftaran Online Bantuan Modal Rp2,4 Juta
Ilustrasi UMKM Wonogiri (Dok. Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI -- Pemkab Wonogiri menerapkan cara yang rapi dalam pendaftaran online bantuan produktif UMKM senilai Rp2,4 juta.

Pemkab melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan atau KUKM Perindag Wonogiri membagi pendaftar sesuai zona. Ada lima zona berbeda yang diatur berdasarkan eks-distrik atau eks-kawedanan.

Lima eks-distrik tersebut yakni Wonogiri, Wuryantoro, Purwantoro, Jatisrono, dan Baturetno. Satu zona mengaver beberapa kecamatan di Wonogiri.

Jaksa Pinangki Ditetapkan Sebagai Tersangka, Terkait Djoko Tjandra?

Di Wonogiri, pendaftaran bantuan produktif untuk UMKM itu dibuka secara online pada 10-28 Agustus 2020. Artinya, ada waktu yang cukup lama bagi UMKM untuk mendaftar.

“Pendaftaran melalui link dan penyerahan berkas pokoknya paling lambat 28 Agustus. Setelah itu tidak dapat diproses,” kata Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan atau KUKM Perindag Wonogiri, Widodo, mewakili kepala dinasnya, Selasa (11/8/2020).

Menurut dia, semua pelaku usaha ultramikro dan mirko bisa mengajukan pendaftaran bantuan secara online ini. Seperti pedagang asongan, usaha online, pedagang hik, pedagang jamu, pedagang di pasar, perajin kerajinan tertentu, dan sebagainya.

Ternyata Bos Semut Rangrang Sragen Sempat Gabung Nasdem, Kini Dinonaktifkan

Solusi bagi UMKM yang Gagal Mengakses Link

Bagi pelaku usaha yang tidak dapat mengoperasionalkan ponsel atau mengakses Internet bisa meminta tolong anggota keluarga lain, saudara, kerabat, maupun tetangga.

“Apabila benar-benar tak bisa mengakses link bisa meminta tolong kepada petugas kami di kantor. Kami akan membantu mendaftarkan melalui link yang tersedia. Tapi yang bisa mengakses link, lebih baik mendaftar sendiri. Caranya sangat mudah,” ujar Widodo.

Beda dengan Solo, Pendaftaran Bantuan UMKM Rp2,4 Juta di Wonogiri via Online

Data pendaftaran bantuan online yang masuk akan dilaporkan kepada Kementerian KUKM sepekan sekali. Kementerian tersebut yang akan memverifikasi dan menentukan usaha ultramikro dan mikro mana saja yang akan diberi bantuan senilai Rp2,4 juta/penerima.

Dia menegaskan, bantuan ini bentuknya hibah bukan kredit sehingga penerima tidak perlu mengembalikan. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk menambah modal usaha agar ekonomi berkembang.

“Para pemohon akan menjadi anggota grup WA [aplikasi perpesanan Whatsapp]. Kalau ada informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui grup,” kata Widodo.

Antrean Pendaftar Bantuan UMKM di Solo Kembali Membeludak

Berikut Link yang bisa pendaftaran secara online bantuan produktif UMKM sesuai wilayah masing-masing:

-Eks-distrik Baturetno (Baturetno, Batuwarno, Tirtomoyo, Karangtengah, Giriwoyo, Giritontro): bit.ly/datadistrikbaturetnonew

-Eks-distrik Jatisrono (Jatisrono, Jatiroto, Jatipurno, Girimarto, Sidoharjo): bit.ly/datadistrikjatisrono

-Eks-distrik Purwantoro (Purwantoro, Kismantoro, Slogohimo, Bulukerto, Puhpelem): bit.ly/datadistrikpurwantoronew

-Eks-distrik Wuryantoro (Wuryantoro, Eromoko, Manyaran, Pracimantoro, Paranggupito): bit.ly/datadistrikwuryantoro

-Eks-distrik Wonogiri (Wonogiri, Selogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi): bit.ly/datadistrikwonogiri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom