SOLOPOS.COM - Gambar ilustrasi Solo Convention-Exhibition Hall yang akan dibangun oleh Pemkot Solo di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo. (investasi.surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO — Rencana pembangunan gedung pamer konvensi dan eksibisi atau Solo Convention-Exhibition Hall di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo, yang sudah bergulir sejak 2015 kembali ditawarkan kepada investor pada tahun ini.

Berdasarkan catatan Solopos.com, proyek strategis itu pernah dipamerkan dalam Solo Investment Forum (SIF) pada 2018 dan 2019. Saat itu pembangunan convention hall sempat dilirik sejumlah investor.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pun diundang untuk menyampaikan paparan. Nilai investasi yang ditawarkan saat SIF Juli 2019 untuk convention hall mencapai Rp124,5 miliar.

Baca Juga: Hall Megah di Pedaringan Solo Butuh Rp84,8 M, Apa Saja Fasilitasnya?

Ekspedisi Mudik 2024

Nilai investasi itu untuk luas lahan yang bisa dikelola mencapai 12.500 meter persegi ditambah area parkir hingga 15.000 meter persegi. Hall di kawasan Pedaringan, Solo, tersebut dilengkapi ruang pertemuan, area belanja, arena olahraga, kafe, food court, dan lainnya.

Direktur Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Pedaringan, Chriswanto Tri Santoso, mengatakan nilai yang ditawarkan menyesuaikan tahun berjalan mengingat pembaruan rencana anggaran biaya (RAB). “RAB yang dulu dengan saat ini tentu berbeda,” katanya dihubungi Solopos.com, Selasa (18/1/2022) siang.

Baca Juga: Proyek Hall di Pedaringan Solo Ternyata Sudah Ditawarkan ke Investor

Ia memaparkan potensi investasi itu kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akhir tahun lalu. Gagasan tersebut sudah bergulir sejak era Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan terhenti karena Pandemi Covid-19.

Geliat Ekonomi

“Rancangan pemaparan pada investor itu tertunda karena Pandemi. Lalu, kami mencoba mencari investor lagi, karena lahan kami masih ada 5-6 hektare yang belum dimanfaatkan. Ternyata, Mas Wali menyambut baik dan mendukung tawaran investasi convention hall itu. Ini juga menjadi Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan [RKAP] kami,” jelas Chriswanto.

Baca Juga: PAU Pedaringan Solo Jajaki Usaha Mini Market

Ia menyebut keberadaan convention hall di kawasan Pedaringan, Jebres, Solo, bakal mendukung geliat ekonomi di kawasan tersebut. Terlebih, SPBU dan Minimarket Pedaringan sudah lebih dulu beroperasi dan terbukti menarik banyak konsumen.

Seluruhnya merupakan upaya pengembangan pemanfaatan aset milik daerah, karena sayap usaha PAU Pedaringan adalah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. “Usaha kami terus mengikuti perkembangan zaman, kami juga mulai melayani pembelian online untuk minimarketnya,” ucapnya.

Baca Juga: Gede Banget! Pemkot Solo akan Bangun Gedung Berkapasitas 15.000 Orang

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut pembangunan convention hall masih butuh jalan panjang karena membutuhkan dana yang tak sedikit. Nilai investasinya besar, namun ia masih enggan memaparkan nominalnya.

“Kami menunggu investasi ke sana, ya mencari investornya. Potensinya sangat luar biasa, makanya kami tawarkan lagi. Jalannya masih panjang, kami belum bisa sampaikan. Nanti ya, kalau sudah jelas,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya