Hal-Hal Sepele Ini Bisa Mengancam Hubungan dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO– Setiap pasangan pasti mendambakan hubungan cinta yang bertahan lama atau langgeng. Bagi yang sedang menjajaki berharap bisa sampai pernikahan dan bagi yang menikah bisa sampai maut memisahkan.

Namun tak mudah menyatukan isi kepala dua orang yang berbeda, meskipun saling cinta.

Ada banyak hal yang dapat membuat hubungan asmara justru berakhir begitu saja, meski sudah berjalan cukup lama. Bahkan ada juga beberapa permasalahan sepele yang justru membuat kandasanya suatu hubungan.

Pertengkaran dan perbedaan pendapat di antara pasangan merupakan sesuatu yang umum terjadi. Namun jangan sampai hanya karena masalah sepele, bisa menjadi konflik yang besar bahkan memutuskan untuk mengakhiri hubungan. Biar tidak mengalaminya, berikut ini beberapa hal sepele yang dapat mengancam kelanggengan suatu hubungan:

Bakal Diluncurkan 25 Juni, Harga & Spesifikasi Redmi 9 Bocor

Sering mengucapkan kata terserah

Kata terserah biasanya sering diucapkan wanita pada pasangan prianya, namun tidak menutup kemungkinan juga akan berlaku sebaliknya.

Melansir dari salah satu sumber, Selasa (2/6/2020) tanpa disadari, kebiasaan mengucapkan kata terserah bisa memberikan kesan tidak peduli pada pasangan. Misalnya saja yang paling umum seperti menentukan mau makan di mana dan makan apa.

Hal tersebut akan berujung pada pertengkaran serta anggapan buruk dari pasangan kalau dijawab dengan kata terserah melulu. Jangan kaget kalau kepercayaan pasangan pada Anda jadi berkurang. Hal terburuk lainnya, dia bisa saja mendapatkan perhatian dari orang lain dan perlahan-lahan melupakan hubungannya dengan Anda.

Membanding-bandingkan dengan orang lain

Pada dasarnya setiap orang enggan untuk dibanding-bandingkan. Selain itu membanding-bandingkan seseorang dengan orang lain dalam konteks apa pun akan berdampak kurang baik. Termasuk pada hubungan asmara dengan pasangan.

Kebiasaan tersebut mampu menurunkan kualitas hubungan bahkan bisa berakhir, saat Anda mulai membahas kekurangan dan kelebihan pasangan.

Melupakan perayaan penting dalam hubungan

Tak sedikit pasangan yang bubar hanya gara-gara lupa atau enggan mengingat kapan anniversary hubungannya.

Beberapa pasangan menganggap perayaan ulang tahun bukanlah satu-satunya hal yang bisa bikin hubungan makin awet, apalagi romantis. Terlebih lagi, kalau harus merayakan anniversary di tanggal-tanggal kritis.

Padahal, menjalin sebuah hubungan engga melulu soal materi lho. Memberikan ucapan atau selebrasi sederhana, sudah mampu membuat pasangan Anda bahagia. Misalnya, menghubungi pasangan sambil mengingatkan kalau hari ini adalah tanggal jadian kalian, itu saja sudah cukup. Meski Anda lupa itu anniversary yang keberapa.

Sering mengancam dengan kata putus

Beberapa pasangan kerap kali mengucapkan kata putus saat marah dan bertengkar. Padahal, mungkin jauh di dalam lubuk hati mereka tidak ingin hal itu terjadi. Melansir dari Okezone, hubungan yang sudah bertahan lama bisa saja berakhir kandas bila salah satu dari pasangan sering mengancam dengan kata putus.

Jarang melakukan quality time berdua

Sibuk dalam menjalani rutinitas sehari-hari kerap membuat pasangan lupa melakukan quality time bersama. Ini bisa melunturkan perasaan Anda terhadap pasangan.

Padahal quality time bisa menjadi momen saling bertukar pendapat dan makin mengenal satu sama lain. Belum lagi ketika sedang berduaan saja dengan pasangan, Anda justru mengabaikannya dengan sibuk menatap layar ponsel.

Enggak heran kalau pasangan merasa tidak dihargai karena minimnya perhatian dari Anda. Meskipun terkesan sepele, kebiasaan ini bisa saja memicu pertengkaran yang bisa membuat hubungan Anda jadi berantakan.

Coba ubah kebiasaan buruk yang satu ini dan luangkan waktu untuk bicara dari hati ke hati dengannya. Usahakan untuk tidak memegang ponsel terus-menerus saat bersamanya demi menjaga kualitas hubungan Anda.

Balik Ke Perantauan Tanpa Surat, Warga Wonogiri Andalkan Google Maps Lewat Jalan Kampung

Merasa selalu benar

Merasa paling benar saat berdebat dapat memecah hubungan dan membuat pasangan saling membenci seiring berjalannya waktu. Melansir dari The Healthy, pakar hubungan Bonnie Winston mengatakan, alih-alih mencari tahu siapa yang benar, carilah solusi dari masalah Anda dan pasangan.

“Ketika bertengkar tentang hal-hal kecil dengan pasangan Anda, cobalah untuk membiarkannya,” terangnya.

Saat berdebat mengenai hal-hal penting, lakukan dengan cara yang matang. Luangkan waktu berdua untuk saling mengungkapkan apa yang ingin Anda katakan. “Saat bertengkar, bicaralah dengan tenang dan jangan keluarkan kata kasar,” imbuhnya.

Saling menyalahkan satu sama lain

Saling menyalahkan pasangan untuk hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana hanya akan menghabiskan tenaga saja. Menyadur dari Liputan6, penulis buku berjudul Heart of the Fight, Judith mengatakan, bahwa pasangan seperti ini harus lebih banyak belajar untuk bertanggung jawab terhadap apa yang dibutuhkan, daripada saling menyalahkan satu sama lain.

Mulailah dengan membuang harapan bahwa orang yang seharusnya membuat Anda bahagia adalah pasangan. Kepercayaan dari negeri dongeng ini banyak dimiliki oleh pasangan yang telah menikah.

Padahal daripada saling menyalahkan, lebih baik Anda memikirkan apa yang membuat Anda marah, apa yang salah, dan bagaimana memperbaikinya sekarang dan di masa yang akan mendatang.

Mendiamkan pasangan saat sedang marah

Marah pada pasangan Anda dengan cara mendiamkannya justru tidak akan memperbaiki apa pun. Cara ini hanya akan membuat pertengkaran semakin buruk, ketika akhirnya kedua belah pihak tidak dapat menahan amarahnya lagi.

Hubungan yang patut diperjuangkan adalah hubungan yang berjalan baik-baik saja dengan saling bertukar pendapat satu sama lain.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom