Haji Sukses tanpa Covid-19, Wisata ke Arab Saudi Dibuka Lagi?

Arab Saudi mengklaim sukses menyelenggarakan ibadah haji 2021 tanpa kasus Covid-19, akankah Arab Saudi segera memulai kembali wisata?

 Ilustrasi virus corona varian delta. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona varian delta. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Arab Saudi mengklaim sukses menyelenggarakan ibadah haji 2021 tanpa kasus Covid-19. Akankah Arab Saudi segera memulai kembali kegiatan bisnis sektor pariwisata sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendiversifikasi ekonominya dari bahan bakar fosil?

Wisata religi secara tradisional menjadi salah satu dari sedikit sektor pariwisata kerajaan itu. Mekah dan Madinah, dua kota paling suci bagi umat Islam, masih menjadi tujuan utama pendatang dari luar negeri.

Selama tahun 2019, Arab Saudi menerima  kedatangan 9,5 juta jemaah calon haji dan umrah. Akan tetapi Riyadh memiliki rencana untuk memanfaatkan pasar wisata di luar wisata religi sebagai bagian dari cetak biru Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) untuk mengembangkan ekonomi di luar pendapatan minyak.

Baca Juga: Korea Selatan Ancamkan Sanksi Pelanggar Pembatasan Sosial

Pada September 2019, Riyadh memperkenalkan e-visa turis yang ditujukan untuk menarik pengunjung non-Muslim. Hanya saja ketika baru saja diluncurkan, wabah Covid-19 muncul dan menghentikan industri pariwisata global.

Pembatasan pandemi juga memukul industri pariwisata reliji yang mapan di Saudi. Hanya 60.000 warga dan penduduk Saudi yang divaksinasi yang diizinkan naik haji tahun ini, sementara pada tahun 2020 jumlah jemaah dibatasi menjadi 1.000 orang.

Corona Varian Delta

Kerajaan membuka kembali perbatasannya ke sejumlah negara untuk pariwisata pada 30 Mei lalu, tetapi sejak itu menutup kembali negaranya akibat melonjaknya kasus virus corona varian delta. “Jelas, ini adalah tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bisnis di sekitar ziarah dihentikan bersama dengan sektor petualangan dan pariwisata budaya yang lebih baru,” ujar Chris Rosenkrans, konsultan pariwisata yang berbasis di Jeddah sebagimana dukutip Aljazeera.com, Kamis (22/7).

Bagi pemandu wisata yang berbasis di Jeddah, Samir Komosani, sulit melihat negaranya tertutup bagi pengunjung internasional apa pun. “Negara besar yang indah ini memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjung dan saya senang berbagi rahasia tersembunyinya,” katanya.

Baca Juga: Gereja Ortodoks Fatwakan Penolak Vaksin Covid-19 Pendosa

Dia mengatakan saat Covid-19 mereda maka para pelancong dari seluruh dunia akan datang ke Arab Saudi. Optimismenya juga dimiliki oleh para pemimpin di Riyadh yang berharap dapat meningkatkan pendapatan pariwisata dari 3% dari total produk domestik bruto negara itu menjadi 10% pada tahun 2030.

Arab Saudi menargetkan 100 juta wisatawan per tahun pada akhir dekade ini dan meningkatkan jumlah pengunjung reliji dari 17 juta menjadi 30 juta pada tahun 2025. Untuk mengakomodasi pengunjung yang diharapkan, pemerintah telah memperluas infrastruktur pariwisata dan mencoba membuat negara yang secara historis konservatif menjadi tujuan yang lebih terbuka dan beragam bagi pengunjung dari negara Barat dan turis reliji.

Pada bulan Juli, MBS mengumumkan rencana untuk membuat maskapai penerbangan nasional baru dan berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$147 miliar dalam infrastruktur transportasi selama sembilan tahun ke depan. Bahkan kerajaan itu juga sedang mempertimbangkan pembangunan bandara baru di Riyadh sebagaimana mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

Bejat! Anak Disetubuhi Dukun Karena Ibu Ingin Kaya

Kasus orang tua mengorbankan anak demi pesugihan kembali terjadi. Seorang ibu menyerahkan putri kandung kepada dukun cabul agar cepat kaya.

Azis Syamsuddin Ahli Hukum yang Terjerat Hukum, Akankah Kariernya Tamat?

Azis Syamsuddin adalah ahli hukum yang terjerat kasus hukum.

Junior Setya Novanto, Berikut Profil Azis Syamsuddin yang Ditangkap KPK

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin akhirnya ditetapkan sebagai tersangka sejumlah kasus korupsi.

Resmi! Azis Syamsuddin Pimpinan DPR Ketiga Yang Terjerat Kasus Korupsi

Azis Syamsuddin akhirnya resmi menjadi pimpinan DPR ketiga yang terjerat kasus korupsi.

Walah! Bupati Solok Ngamuk Saat Sidang Paripurna DPRD

Ribut-ribut di Kabupaten Solok belakangan semakin memanas, setelah adanya konflik antara Ketua DPRD dengan Bupati Solok.

Alasan Isolasi Mandiri Tak Diterima, Azis Syamsuddin Dijemput Paksa

Tim KPK menjemput paksa Azis Syamsuddin dan digelandang ke Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/9/2021) malam.

Sambut Mahasiswa Baru, ITNY Gelar PPTMB 2021

Sebelum PPTMB ITNY digelar, ITNY telah mempersiapkan mahasiswa memasuki kehidupan di kampus dengan menggelar serangkaian webinar pengembangan diri bagi mahasiswa baru.

Mangkir dari Panggilan KPK, Benarkah Azis Syamsuddin Isoman?

Surat permohonan penundaan atas namanya, Azis meminta agar pemeriksaan terhadapnya dilaksanakan pada 4 Oktober 2021.

Dukun Penemu Ramuan Anticorona Sri Lanka Meninggal Akibat Varian Delta

Dia sebelumnya mempromosikan sirup buatan dukun White yang diklaim ampuh melawan virus seumur hidup.

Mengaku Lagi Isoman, Azis Syamsuddin Mangkir Panggilan KPK

Azis Syamsuddin tak memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa hari ini dengan alasan sedang isolasi mandiri. Ia meminta pemeriksaan diundur pada 4 Oktober 2021.

Anggota TNI yang Ditemukan Tewas, Ditusuk Saat Mencoba Melerai Perkelahian

Sertu Yorhan Lopo dari Menzikon Puziad TNI AD akhirnya tewas setelah berlari 50 meter akibat ditusuk Ivan Victor Dethan karena mencoba melerai perkelahian.

Anggota TNI Jadi Korban Pembunuhan, Mayat Ditemukan di Lahan Kosong

Seorang anggota TNI ditemukan tewas terbunuh, sementara seorang lainnya mengalami luka tusuk dalam peristiwa yang terjadi di Depok.

Divonis 4,5 Bulan Penjara atas Kepemilikan Senjata Api, Kivlan Zen Banding

Kivlan Zen bersikeras menyatakan tidak bersalah atas kasus kepemilikan senjata api dan peluru tajam ilegal sehingga mengajukan banding atas vonis majelis hakim PN Jakarta Pusat.

Wah, 54 Raja dari Seluruh Indonesia Bakal Berkumpul di Sumedang

Presiden Jokowi direncanakan membuka Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) di Keraton Sumedang Larang.

Dipanggil KPK Hari Ini, Azis Syamsuddin Bakal Ditangkap di Jumat Keramat?

KPK memanggil Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin, diduga terkait kasus suap AKP Stepanus Robin Pattuju.