SOLOPOS.COM - Warsinah (kanan), 92, jemaah calon haji (Calhaj) tertua ditemani anggota keluarganya di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sebelum berangkat ke Tanah Suci saat musim haji 2011 lalu. Pada musim haji 2012 ini Kanwil Kemenag Jateng memberangkatkan 103 jemaah lanjut usia. (JIBI/SOLOPOS/Hanifah Kusumastuti)

Warsinah (kanan), 92, jemaah calon haji (Calhaj) tertua ditemani anggota keluarganya di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sebelum berangkat ke Tanah Suci saat musim haji 2011 lalu. Pada musim haji 2012 ini Kanwil Kemenag Jateng memberangkatkan 103 jemaah lanjut usia. (JIBI/SOLOPOS/Hanifah Kusumastuti)

SEMARANG – Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng pada musim haji 2012 memberangkatkan sebanyak 103 calon jamaah haji (Calhaj) usia 87 tahun ke atas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jateng, Imam Haromain, mengatakan Jateng sebenarnya mendapatkan jatah 250 Calhaj usia lanjut (lansia). “Kementerian Agama (Kemenag) pusat memberikan jatah by name terhadap 250 calhaj asal Jateng yang berusia 87 ke atas, namun yang bisa melunasi hanya 103 orang,” katanya di Semarang, Rabu (19/9/2012). Sebanyak 103 calhaj lansia ini, sambung dia, merupakan hasil seleksi terhadap daftar tunggu haji Jateng tahun 2013 sampai 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Prioritas pemberangkatan calon jamaah haji usia 87 tahun ke atas ini merupakan kebijakan dari Menteri Agama.
“Keberangkatan 103 calhaj lansia ini harus disertai pendamping pihak keluarga. Sedang sisa kuota haji Jateng dikembalikan ke Kemenag pusat,” ujarnya. Lebih lanjut Imam, menyatakan pemberangkatan perdana haji asal Jateng dilaksanakan pada Kamis (21/9/2012), melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Mulai Rabu (20/9/2012), calon jamaah haji kelompoki terbang (kloter) I sudah masuk di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.
“Pelepasan kloter I haji Jateng akan dilakukan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo,” tandasnya. Calon jemaah haji Jatang 2012 sebanyak 29.613 jamaah, ditambah dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), da Kalimantan Timur akan diberangkatkan melalui 89 kloter. “Persiapan penyelanggaraan ibadah haji 2012 sudah siap, termasuk penginap Asrama Haji Donohudan,” katanya.

Mengenai tempat lokasi pemondokan haji asal Jateng di Mekah, Imam menjelaskan tersebar disejumlah maktab dengan jarak antara 1km sampai 2,5 km dari Masjidil Haram. “Jadi tempat pemondokan paling jauh sekitar 2,5 km dari Masjidil Haram,” ujarnya.

Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Mahmud Mahfud, berharap penyelenggaraan ibadah haji 2012 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Pelayanan terhadap para calon jamaah haji mulai dari penginapan di Asrama Haji Donohudan sampai di maktab di Mekah agar tak ada masalah. “Kalau semuanya lancar, membuat para jamaah bisa tenang dan khusuk dalam melaksanakan ibadah haji,” kata anggota Dewan dari PKS ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya