SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

TANGERANG – Garuda Indonesia mengoperasikan sebanyak 15 pesawat untuk melayani perjalanan haji tahun 2012, kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, di Tangerang, Jumat. Ia mengatakan, persawat yang digunakan yakni sebelas pesawat A330, tiga pesawat B-747 dan satu pesawat 767-300ER.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Pesawat yang digunakan untuk membawa calon haji, seluruhnya berusia muda,” katanya ditemui usai pelepasan jamaah haji di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Ia mengatakan, awak kabin yang akan bertugas dalam penerbangan haji berjumlah 556 orang dan 60 persen, di antaranya awak kabin yang direkut dari daerah embarkasi. Dengan direkutnya awak kabin dari daerah embarkasi maka diharapkan akan memudahkan komunikasi dengan para jamaah haji. “Karena, sebagian besar jamaah haji berasal dari daerah dan menggunakan bahasa daerah,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia pun mengingatkan kepada para jamaah untuk tidak membawa barang kategori berbahaya seperti kompor minyak, gas LPG, minyak korek api, pisau, hunting, hair spray atau parfum dan tabung semprot. “Kesepakatan antara Depag dan Garuda Indonesia, barang bawaan tidak boleh melebihi 32 kilogram baik saat keberangkatan menuju Jedah atau Madinah atau kepulangan,” katanya.

Pada hari ini, kata Emirsyah, PT Garuda menerbangkan kloter pertama dari sembilan embarkasi yakni Banda Aceh terdiri dari 325 jamaah. Embarkasi Medan terdiri dari 455 orang, Embarkasi Padang sebanyak 374 orang, Embarkasi Pelambang 360 orang, Embarkasi Solo 1.500 orang, dan Embarkasi Balikpapan 360 orang. “Embarkasi Makassar terdiri dari 750 calon haji, Lombok 325 calon haji, Jakarta 455 calon haji dan Embarkasi Banjarmasin akan dilayani mulai besok,” katanya.

Pelaksanaan penerbangan musim haji tahun 2012/1433 dimulai 21 September hingga 20 Oktober, sedangkan untuk pemulangan, dilaksanakan tanggal 31 Oktober hingga 1 Desember. Embarkasi Jakarta, penerbangan langsung ke Madinah dilaksanakan mulai 21 September hingga 5 Oktober. Untuk pemulangan, dilaksanakan 15 November hingga 1 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya