SOLOPOS.COM - ilustrasi jemaah haji Indonesia (JIBI/Solopos/Dok.)

Haji 2018, Kabupaten Tulungagung diperkirakan mendapat kuota 963 kursi calhaj.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Estimasi kuota haji untuk Kabupaten Tulungagung tahun 2018 ini diperkirakan sebanyak 963 kursi dari total jatah untuk seluruh wilayah di Jawa Timur yang mencapai 35.035 kursi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Itu masih estimasi berdasarkan kuota Jatim. Data itu masih bisa berubah,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung Imron Rosadi di Tulungagung, Jumat (16/3/2018).

Menurut Imron, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi perubahan kuota haji daerah, di antaranya karena ada tambahan kursi dari daerah lain, mengundurkan diri, tambahan cadangan maupun sebab lain.

“Jumlah cadangan [calon haji di luar data 963 nama] ada sebanyak 101 kursi,” katanya. Sesuai daftar, jatah pemberangkatan haji tahun ini difokuskan untuk pendaftar pada periode 2010, bulan September, Oktober dan seterusnya.

Imron Rosadi mengatakan, terkait pemberangkatan calon jamaah haji, tahapan yang dilakukan Kantor Kemenag Tulungagung adalah mengonfirmasi para calon jamaah. Setelah konfirmasi, baru dilanjutkan proses pengajuan paspor.

“Soal biaya haji, sampai saat ini kami belum mendapat pemberitahuan, biasanya sekitar dua atau tiga bulan menjelang keberangkatan baru diumumkan. Mungkin masih proses pembahasan,” katanya.

Imron Rosadi menyatakan antusiasme umat muslim di Tulungagung untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari daftar tunggu untuk calon jamaah haji regular wilayah Jatim jika mendaftar pada saat ini, maka baru bisa berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2039 atau 21 tahun kemudian.

“Hitung-hitungannya jika tidak mengalami perubahan kuota haji, maka setiap tahun memberangkatkan seribu orang. Maka daftar tunggunya mencapai kurang lebih 20.000 sampai 21.000 orang,” kata Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya