SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibadah Haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Haji 2017 dari Semarang diikuti 2.108 calon haji.

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 2.108 calon haji (calhaj) 2017 asal Kota Semarang akan diberangkatkan ke tanah suci. Mereka akan diberangkatkan mulai 1 Agustus dalam tujuh kelompok terbang (kloter).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwilkemenag) Kota Semarang, M. Habib, menyebutkan dari tujuh kloter itu dua di antara mereka merupakan gabungan jemaah calhaj asal Demak dan Grobogan.

“Sejauh ini, persiapan yang telah kami lakukan untuk memberangkatkan calhaj sudah 100%. Proses keberangkatan akan dimulai 1 Agustus nanti. Sedangkan proses manasik juga kami lakukan beberapa kali, salah satunya besok [Sabtu, 15 Juli 2017] di kampus UIN Walisongo,” terang Habib saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Jumat (14/7/2017).

Habib menambahkan jumlah jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini dari Semarang mengalami kenaikan sekitar 68% dibanding tahun lalu. Tahun lalu, Kota Semarang hanya memberangkatkan 1.454 peserta ibadah haji.

“Memang ada penambahan kuota sekitar 20% dari pemerintah pusat. Ini tak terlepas dari adanya penambahan kuota yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi kepada Pemerintah Indonesia sekitar 10.000 orang yang dibagi kepada 34 kabupaten dan kota,” beber Habib.

Dari 2.108 calhaj itu paling banyak berasal dari Kecamatan Pendurungan, yakni 437 orang. Sementara itu, dari kalangan usia, paling banyak merupakan calhaj berusia di atas 50 tahun, yakni sekitar 1.383 orang atau sekitar 65% dari total jemaah calhaj yang berangkat dari Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya