SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji (JIBI/Solopos/Dok)

Haji 2017, para calhaj diberangkatkan ke Tanah Suci sesuai kloter masing-masing.

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Empat calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Tulungagung gagal berangkat ke Tanah Suci bersama kelompok terbang tempat mereka terdaftar, karena menderita sakit kronis.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Keempat calon haji itu sampai saat ini tertahan di Rumah Sakit Umum Haji Sukolilo Surabaya karena kondisi kesehatan yang menurun,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Safa` Antoni di Tulungagung, Senin (31/7/2017).

Namun demikian, menurut Safa` Antony, keempat calhaj itu belum otomatis gagal berangkat haji saat ini. Jika kondisi kesehatan membaik, mereka bisa disusulkan ke Tanah Suci dengan menumpang pesawat kloter selanjutnya yang masih tersisa.

Sebaliknya jika keempat atau sebagian calhaj dinyatakan belum laik terbang hingga kloter terakhir, keberangkatan haji mereka ditunda terlebih dahulu, dan akan diberangkatkan pada tahun depan.

Ia menjelaskan, empat jamaah asal Tulungagung ini sebelumnya pada tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di daerah telah dinyatakan sehat. Namun sesampai di Asrama Haji Sukolilo kembali diperiksa kesehatannya untuk mengetahui kondisi terakhir sebelum terbang.

“Untuk menjaga kondisi psikis dari yang bersangkutan, data tidak kami sampaikan. Tapi memang saat ini ada empat jamaah yang dirawat di RSU Haji,” kata dia.

Terkait visa, Safa` Antony mengatakan untuk calhaj asal Tulungagung tidak ada keterlambatan ataupun kendala. Dia menuturkan di saat calhaj berangkat, visa sudah siap.

Tahun ini, jemaah haji asal Tulungagung yang diberangkatkan sebanyak 1.099 orang. Rombongan calhaj Tulungagung terbagi atas tiga kloter, yaitu kloter 7,8, dan 9. Pemberangkatan kloter 9, terakhir dilaksanakan pada Sabtu (29/7/2017) sekitar pukul 24.00 WIB. Dan mendapatkan jadwal take off menuju Madinah pada Senin (31/7/2017) sekitar pukul 01.35 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya