SOLOPOS.COM - Jemaah haji kloter 23 asal Gunungkidul, Provinsi DIY, tiba di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Kamis (14/9/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Haji 2017, jemaah haji asal DIY tiba di Debarkasi Solo.

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 359 anggota jemaah haji kelompok terbang (kloter) 23 asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Ngemplak, Boyolali, Kamis (14/9/2017). Sementara itu, satu jemaah haji asal Gunungkidul masih berada di Jeddah, Arab Saudi, karena sakit.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Afief Mundzir, mengatakan jemaah haji asal DIY tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, pukul 06.59 WIB. Mereka kemudian dibawa ke Asrama Haji Donohudan pukul 07.30 WIB menggunakan tujuh unit bus.

“Kami meminta jemaah haji untuk langsung beristirahat di Gedung Muzdalifah kompleks Asrama Haji Donohudan. Jemaah haji kemudian pulang ke daerah asal menggunakan bus yang disiapkan Pemkab Gunungkidul pukul 09.00 WIB,” ujar Afief ditemui di ruang kerjanya, Kamis.

Menurut Afief, kedatangan jemaah haji dari Gunungkidul ini merupakan yang pertama dari kelompok Provinsi DIY. Kedatangan kelompok kedua dan ketiga Provinsi DIY dari kloter 24 Kota Yogyakarta sebanyak 359 orang datang hari Kamis, pukul 15.30 WIB, dan kloter 25 Sleman sebanyak 259 datang hari Kamis malam pukul 22.10 WIB.

“Kami mendapatkan informasi dari PPIH di Arab Saudi satu jemaah haji dari kloter 23 Gunungkidul yang tertinggal di Arab Saudi karena sakit atas nama Siswo Suwito Asngari, 82. Jemaah haji ini masuk kategori risiko tinggi,” kata dia.

Staf Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan kedatangan jemaah haji kelompok DIY berlanjut sampai Jumat besok. Jemaah haji tersebut dari kloter kloter 26 Bantul, kloter 27 Sleman, dan kloter 28 Bantul.

“Kami mencatat jumlah jemaah haji yang masih tertinggal di Arab Saudi karena sakit sebanyak tujuh orang. Sementara itu, jemaah haji yang sakit dirawat di RSUD [Rumah Sakit Umum Daerah] dr. Moewardi, Jebres sebayak dua orang,”kata dia.

PPIH Embarkasi Solo, lanjut dia, sampai sekarang sudah memulangkan sebanyak 8.199 jemaah haji yang terdiri dari 23 kloter. Kemudian yang meninggal dunia sampai tanggal 14 September sebanyak 69 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya