SOLOPOS.COM - Anggota PPIH membagikan paspor milik calhaj kloter 48 dari Tegal di Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat (11/8/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Haji 2017, calhaj dilarang membawa barang-barang yang dinilai membahayakan penerbangan.

Solopos.com, BOYOLALI –Petugas Asrama Haji Donohudan (AHD), Ngemplak, Boyolali, menyita majic jar yang dibawa calon haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 19 asal Demak, Senin (7/8/2017). Selain itu petugas juga mengamankan gunting pemotong kuku.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adi Soemarmo Solo, Badrus Salam, mengatakan petugas PPIH setiap hari memberikan sosialisasi kepada calhaj yang baru datang di AHD sebelum masuk ke kamar peristirahatan.

Sosialisasi tersebut berkaitan dengan larangan barang-barang yang dibawa calhaj sebelum masuk ke Bandara Adi Soemarmo Solo.

“Kami mengamankan satu magic jar yang dibawa calhaj asal Demak saat masuk ke AHD. Magic jar tersebut langsung dibawa ke kantor keamanan PPIH,” ujar Badrus, Jumat (11/8/2017).

Menurut Badrus, hasil keterangan calhaj yang membawa magic jar rencananya dibawa ke Madinah untuk digunakan memasak nasi. Namun, karena barang tersebut dinilai dapat membahayakan penerbangan akhirnya disita.

“Kami tidak memberikan toleransi kepada calhaj yang membawa barang-barang yang dinilai dapat membahayakan penerbangan,” kata dia.

Dia mengatakan petugas di asrama juga menemukan belasan gunting pemotong kuku yang dibawa calhaj. Sesuai aturan Kementerian Agama (Kemenag) calhaj dilarang membawa gunting.

Kasi Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Solo, Rosyid Ali Safitri, mengatakan dua calhaj kloter 36 asal Solo yang sakit sudah sembuh. Recananya mereka diberangkatkan ke Tanah Suci akhir bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya