SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin menyampaikan pesan di Arafah (Kemenag.go.id)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat wukuf di Arafah.

Solopos.com, ARAFAH – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin selaku Amirul Hajj memberikan sambutannya saat wukuf di Arafah, Kamis (31/8/2017). Menteri Lukman mengatakan berada di Arafah merupakan puncak dari kesadaran setiap umat manusia untuk mengenali siapa dirinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Haji adalah Arafah. Inilah tempat kita untuk berhenti sejenak dari seluruh aktivitas keduniawian untuk melakukan instrospeksi diri untuk lebih mengenali diri,” ujar Menag.

Menag melanjutkan, Rasulullah berpesan kepada merawat persaudaraan. Jangan saling menumpahkan darah dan saling merampas harta sesama.

“Persaudaraan adalah sesuatu yang mendasar yang oleh Rasulullah dijadikan indikator kemabruran,” tutur Menag sebagaimana diberitakan Kemenag.go.id, Kamis.

Menag menuturkan, ketika Rasulullah ditanya soal tanda kemabruran? Rasulullah menjawab: memberi makan kepada sesama dan menebarkan salam.

“Makan adalah kebutuhan mendasar, dan memberi makan kepada sesama adalah salah satu simbol kepedulian sosial,” ucapnya.

Menag menyampaikan, menebarkan kedamaian adalah esensi ajaran Islam. Menjadi tugas muslim untuk senantiasa mewujudkannya di lingkungan masing-masing.

“Saya mengajak kita semua untuk mendoakan, selain untuk diri, juga unik seluruh jemaah haji agar mereka bisa melaksanakan seluruh manasik haji dan mencapai kemabruran,” ajaknya.

Bagi Menag, haji mabrur berharap kepekaan sosial di kalangan umat manusia semakin meningkat, dan dengan kemabruran sekitar tiga juta jemaah, mereka mampu menjadi duta perdamaian dalam ikut membangun peradaban dunia.

Doa dari seluruh tamu Allah untuk mendoakan saudara yang di Tanah Air dan di manapun di Bumi ini untuk meningkatkan kesejahteraan, kepedulian sosial, dan mampu menjaga persaudaraan sesama manusia.

“Setajam apapun perbedaan di antara kita, jangan sampai mengoyak sisi kemanusiaan kita karena kita diikat persaudaraan sesama manusia,” ujarnya.

“Mudah-mudahan Arafah membawa kita semua pada kesadaran ini dan membawa kita untuk mampu mewujudkannya di lingkungan kita masing-masing,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya