Kategori: Klaten

HAJI 2017: Klaten Berangkatkan 1.085 Calhaj


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos

Keberangkatan calon haji (calhaj) asal Klaten dilakukan lewat empat kloter

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 1.085 calon haji (calhaj) Klaten bakal diberangkatkan tahun ini. Mereka terbagi dalam empat kelompok terbang (kloter).

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Waznan Fauzi, mengatakan jumlah total calhaj yang diberangkatkan pada 2017 yakni 1.090 orang. Mereka dipastikan sudah melunasi pembayaran biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Dari jumlah tersebut, terdapat calhaj yang batal berangkat lantaran meninggal dunia dan sakit. “Total ada 1.090 calhaj. Karena ada yang meninggal dua orang dari Karangdowo dan Ceper dan sakit tiga orang sehingga saat ini ada 1.085 calhaj,” kata Waznan, Senin (10/7/2017).

Waznan mengatakan para calhaj terbagi dalam empat kloter yakni kloter 33, 81, 82, dan 83. Kloter 33 diberangkatkan pada 6 Agustus mendatang. Sementara itu, kloter 81, 82, dan 83 diberangkatkan pada 21 Agustus.

“Kloter 33 masuk gelombang pertama diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo menuju Arab Saudi turun di Madinah. Setelah delapan hari baru ke Mekah. Sementara kloter 81, 82, dan 83 turun di Jedah langsung ke Mekah menunggu pelaksanaan ibadahhaji setelah itu baru ke Madinah,” urai dia.

Dia menuturkan saat ini para calhaj masih mempersiapkan pemberangkatan dengan menggelar manasik di tingkat kecamatan. Manasik di tingkat kabupaten pada 17 Juli mendatang dan praktik manasik di Asrama Haji Donohudan pada 22 Juli.

Lebih lanjut, Waznan menyampaikan total BPIH yang harus dibayarkan pada 2017 yakni Rp35 juta. “Biaya sebanyak Rp25 juta dibayarkan pada tahap I. Sementara, Rp10 juta pada tahap II. Seluruh calhaj sudah melunasi. Untuk calhaj yang sudah melunasi namun meninggal dunia, uang dikembalikan ke rekening mereka secara utuh. “Jadi tidak ada potongan sepersen pun di Kemenag,” tutur Waznan.

Ditemui beberapa waktu lalu, Kepala Kantor Kemenag Klaten, Masmin Afif, mengimbau para calhaj untuk mempersiapkan diri sebelum menjalankan ibadah haji. “Utamanya menjaga kesehatan. Fisik yang sehat insyaallah pelaksanaan ibadah haji bisa maksimal,” kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Ariyanto Mahardika