SOLOPOS.COM - Calhaj kloter 69 asal Kota Semarang memakai kain ihram sejak dari embarkasi sebelum diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo Solo, Jumat (18/8/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Haji 2017, dua calhaj meninggal dunia di Tanah Suci.

Solopos.com, BOYOLALI — Dua calon haji (calhaj) yang berangkat dari Embarkasi Adi Soemarmo Solo wafat di Tanah Suci Mekah. Kedua calhaj  itu yakni Nasiman Mochamad Sahlan, 65, dari kelompok terbang (kloter) 46 Cilacap meninggal Rabu (15/8/2017) di Madinah dan Solikhin Mursidik Yastubi, 50, kloter 46 Banyumas meninggal Kamis (17/8/2017) di Rumah Sakit Arab Saudi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Adi Soemarmo Solo, Badrus Salam, mengatakan jumlah keseluruhan calhaj yang meninggal dunia sampai tanggal 18 Agustus 2017 sebanyak enam orang.

“Kami mendapatkan informasi dari petugas pendamping calhaj di Tanah Suci ada dua calhaj lagi yang meninggal dunia,” ujar Badrus kepada Espos di AHD, Jumat (18/8/2017).

Menurut Badrus, kedua calhaj yang meninggal baru diberangkatkan dari Embarkasi Adi Soemarmo Solo pada tanggal 10 Agustus 2017 dan tiba di Tanah Suci pada 11 Agustus 2017. Kedua calhaj meninggal dalam kondisi sakit.

Ia menjelaskan calhaj yang berangkat sejak akhir Juli sampai awal Agustus sudah meninggalkan Madinah menuju ke Mekah.

Sementara calhaj yang berangkat setelah tanggal 12 Agustus sampai 26 Agustus 2017 diimbau sudah memakai kain ihram sejak dari embarkasi agar memperpendek antrean di Bandara King Abdul Azis International, Jedah, Arab Saudi.

“Calhaj yang berangkat setelah tanggal 12 Agustus masuk gelombang dua. Pesawat calhaj dari gelombang ini turun di bandara Mekah Arab Saudi. Kami tidak ingin calhaj tergesa-gesa di bandara Arab Saudi karena waktu ibadah Mekah sangat mempet,” kata dia.

Kasi Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Solo Rosyid Ali Safitri, mengatakan calhaj kloter 36 yang berangkat tanggal 8 Agustus saat ini sudah meninggalkan Madinah menuju ke Mekah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya