SOLOPOS.COM - Petugas medis mendorong kursi roda jemaah haji yang sakit saat tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (7/9/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Umarul Faruq)

Haji 2017, para jemaah haji kembali ke Tanah Air.

Madiunpos.com, SURABAYA — Sebanyak 70 orang yang tergabung dalam rombongan jemaah haji Embarkasi Surabaya wafat selama pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 di Tanah Suci.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berdasarkan data mulai hari pertama kedatangan di Arab Saudi hingga Jumat [8/9/2017],70 orang yang wafat,” ujar Wakil Sekretaris I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Sutarno, di Surabaya, Sabtu (9/9/2017).

Dia menambahkan sesuai data dari sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat), penyebab utama jemaah wafat akibat cardiovascular disease atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, saluran pernapasan, disusul malignant neoplasma atau kanker.

“Penyakit lainnya, mulai kanker payudara, getah bening, dan beberapa penyakit lainnya,” ucap dia.

Hingga kini ribuan haji telah dipulangkan ke Tanah Air seusai menjalani puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, melalui Bandar Udara Internasional King Abdul Azis Jeddah.

“Para jamaah haji yang masuk asrama harus melalui beberapa pemeriksaan, antara lain kesehatan, perlengkapan pribadi dan lainnya. Kami ucapkan selamat datang dan selamat kembali ke daerah masing-masing,” kata Sutarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya