SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Istimewa)

Haji 2016, keberadaan jamaah Indonesia berpaspor asing masih dalam pemeriksaan.

Harianjogja.com, SLEMAN — Identitas dua jamaah calon haji asal DIY yang menjadi bagian dari 177 jemaah calon haji bermasalah di Filipina masih misterius. Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY masih terus menginvestigasi kedua calon haji tersebut.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Upaya yang dilakukan secara terus menerus koordinasi dengan kabupaten kota agar mencari info ke masyarakat i wilayahnya utk mendaptkan data yang dimaksud,” kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh, Kanwil Kemenag DIY, Noor Hamid, saat dihubungi melalui pesan singkat selular, Jumat (26/8/2016).

Noor Hamid mengaku terkendala untuk menemukan identitas dua jemaah calon haji tersebut. Di antara kendalanya adalah karena kasus itu termasuk kasus tabu dan memalukan sehingga pihak keluarga enggan melaporkan kasus tersebut.

Disisi lain, kata dia, hasil investigasi di Filipina, belum menyebutkan secara rinci identitas semua calon Jemaah haji yang bermasalah tersebut. Melainkan hanya menyebut asal kota calon Jemaah haji.

Diketahui, 177 calon Jemaah haji Indonesia dipermasalahkan pemerintah Filipina karena perjalanan ibadah haji mereka menggunakan paspor Filipina. Sampai kemarin mereka belum bisa dipulangkan ke Indonesia.

Noor Hamid menduga mereka merupakan korban sindikat biro perjalanan umroh dan haji plus. Pihaknya mengimbau masyarakat agar dalam menjalankan rukun Islam kelima itu melalui jalur resmi. Menurutnya, banyak biro perjalanan umroh dan haji plus yang ilegal alias tanpa izin.

Dalam tahun ini, Kanwil Kemenag DIY telah menutup dua biro perjalanan umroh dan haji plus. Keduanya adalah Rindu Robbi dan Jannatul Jannah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya