SOLOPOS.COM - Para pengantar calon jemaah haji (calhaj) berpamitan dengan anggota keluarganya yang akan berangkat ke Tanah Suci di Gedung Islamic Center, Manyaran, Semarang, Kamis (25/8/2016). Ada sekitar 355 calhaj asal Kota Semarang yang diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, sebelum berangkat ke Tanah Suci, pada Kamis pagi tadi. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Haji 2016 memasuki tahap pemberangkatan para calon haji (calhaj) asal Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Mata Safrudin Ningsih, 50, warga Purwakarta, tampak berkaca-kaca saat melepas saudara laki-lakinya, Heri, warga Gombel, Kota Semarang yang akan bertolak ke Tanah Suci, Mekah, di Gedung Islamic Center, Manyaran, Kota Semarang, Kamis (25/8/2016) pagi.

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Perasaan perempuan yang pernah berangkat ke Tanah Suci pada 2014 itu bercampur aduk antara sedih dan bahagia. “Ya, sedih karena akan berpisah dengan saudara saya untuk waktu yang lama. Tapi, saya juga bahagia karena dia bisa mewujudkan mimpinya mewujudkan mimpinya untuk naik haji,” ujar Ningsih saat dijumpai Semarangpos.com di Gedung Islamic Center, Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ningsih menuturkan dari pengalamannya menjalankan ibadah haji pada 2014 lalu, selama di Tanah Suci para jemaah akan mendapat segala macam ujian untuk menentukan seberapa besar keteguhannya. “Cuaca di sana itu panas dan sangat menguras tenaga. Selain itu, kegiatan ibadah hajinya sangat padat. Semoga adik saya bisa menjalankan ibadahnya dengan baik dan kembali ke Tanah Air sebagai haji yang mabrur,” harap Ningsih.

Ningsih merupakan satu di antara ratusan pengantar yang terlihat menangis bahagia saat calon haji (calhaj) Kota Semarang ini diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali, dengan menggunakan bus. Ada sekitar delapan bus yang digunakan untuk mengangkut para jemaah ini ke Asrama Haji Donohudan, sebelum nantinya bertolak ke Tanah Suci dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jumat (26/8/2016) pukul 10.00 WIB.

Kepala Kementerian Agama (Kemenang) Kota Semarang, M. Habib, menyebutkan ada sekitar 1.437 calhaj dari Semarang yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini. Jumlah itu akan berangkat secara bergelombang dan dibagi dalam lima kelompok terbang (kloter). “Kebetulan untuk hari ini yang berangkat ada dua kloter, yakni kloter 42 dan 43. Masing-masing kloter jumlahnya 355 jemaah. Untuk klote 42 berangkat pagi ini, sedang yang 43 siang,” terang Habib.

Prosesi pemberangkatan calhaj Kota Semarang itu dilakukan melalui upacara pelepasan yang dipimpin Wali Kota Semarang, Hervearita Gunaryanti Rahayu. Dalam sambutannya perempuan yang akrab disapa Ita itu meminta para jamaah selalu bersabar dalam menjalankan ibadahnya. Selain itu, Ita juga meminta para jamaah selalu mematuhi aturan dan menuruti perintah kepala rombongannya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya