SOLOPOS.COM - Aplikasi Haji Pintar (Kemenag.go.id)

Haji 2016 akan terbantu dengan adanya aplikasi Haji Pintar 2.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Agama kembali meluncurkan Aplikasi Haji Pintar generasi teranyarnya, yang kemudian disebut Haji Pintar 2.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aplikasi Haji Pintar pertama yang telah diluncurkan tahun sebelumnya mendapatkan respons positif dari masyarakat, karena itu perlu dikembangkan. Google memberikan penilaian 4.5 atas aplikasi ini dari nilai maksimal 5 poin.

Informasi dari Google Play, aplikasi Haji Pintar telah diinstal oleh 10.000-50.000 pengguna. Sebagai informasi, pada pelaksanaan haji tahun 1436H/2015M, ada jemaah haji yang berhasil menemukan rombongannya kembali karena mendapatkan informasi SMS Center dari aplikasi Haji Pintar.

Aplikasi Haji Pintar 2,merupakan pengembangan dari aplikasi haji pintar sebelumnya. Lalu apa fitur baru dalam haji pintar 2 ini yang dapat dimanfaatkan? Pertama, terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) secara online dan real time. Untuk mengetahui data jemaah haji melalui aplikasi ini, maka diperlukan log in dengan input data jemaah serta nomor porsi.

Adapun informasi yang dapat diakses dari aplikasi haji pintar kedua, sebagai berikut; jadwal penerbangan, layanan transportasi darat, rute jemaah haji, akomodasi Mekah dan Madinah, katering Mekah dan Madinah serta di Arafah Mina, informasi kesehatan, SMS Center, manasik, posisi jemaah dan petugas, dan informasi penting lainnya.

Fitur baru kedua pada Haji Pintar 2, dapat mengecek keberangkatan berdasarkan porsi. Dengan hanya memasukkan nomor porsi, jemaah dapat mengetahui waktu keberangkatan berdasarkan nomor porsi, bilamana ada perubahan waktu keberangkatan, maka perubahan ini dapat diketahui secara online dan real time, dikarenakan aplikasi haji pintar 2 ini terintegrasi dengan Siskohat.

Fitur baru ketiga, preview akomodasi. Dalam aplikasi haji pintar 2, dapat diketahui wilayah, foto hotel, nomor hotel kamar serta fasilitas hotel lainnya. Fitur baru keempat adalah tracking, dengan aplikasi haji pintar 2, keluarga yang ada di Tanah Air dapat mengetahui posisi keluarganya yang sedang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi atau sedang bertugas melayani jemaah haji di Arab Saudi, demikian juga keberadaan jemaah dapat dipantau oleh petugas lewat website.

Untuk sementara, aplikasi haji pintar 2 hanya dapat diunduh gratis melalui smartphone berbasis Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya