SOLOPOS.COM - Kebakaran di pemondokan haji (Okezone)

Haji 2016 satu kamar pemondokan kebakaran.

Solopos.com, MEKAH – Kebakaran terjadi di salah satu pemondokan jemaah calon haji Indonesia di Mekah, Arab Saudi, Rabu (8/9/2016) lantaran lalai saat memasak di kamar. Peristiwa serupa sebelumnya pernah terjadi pada musim haji tahun lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kebetulan kamar ini dihuni lima orang ibu-ibu dari kelompok terbang 9 embarkasi Batam (BTH 09). Setelah ibu-ibu memasak nasi tadi pagi ditinggal pergi karena ada kegiatan pembinaan jemaah menghadapi Arafah jadi kamar ini dalam keadaan kosong,” kata Kepala Sektor Enam Mazdjad Mohammad Syah di kamar 215 hotel Syisyah Tower 45, kawasan Syisyah, Mekah, Arab Saudi, lokasi di mana kebakaran itu terjadi.

Di tempat itu seperti dikabarkan Antara, tampak sisa-sisa tempat tidur yang terbakar, rice cooker dengan nasi di dalamnya, serta kabel pengisi daya telepon genggam di kamar yang sudah tertutup abu sisa pemadaman.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.15 WIB. Ada salah satu jemaah yang kebetulan izin masuk kamar melihat ada asap di lantai dua. Langsung diinformasikan kepada ketua kloter. Alhamdulillah dalam 30 menit selamat,” katanya.

Seluruh jemaah calon haji telah dievakuasi ke lobi dan tidak ada yang menjadi korban. Api, kata dia, dipadamkan oleh petugas pemondokan.

Menurut Mohammad Syah, kebakaran terjadi akibat satu stop kontak digunakan bersama-sama untuk memasak nasi dengan rice cooker dan mengisi daya telepon genggam. Panas dari rice cooker diduga membuat kabel pengisi daya baterai ponsel terbakar dan merambat ke tempat tidur yang terletak di dekat rice cooker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya