SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (21/8/2015). (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Haji 2016 Dirjen Haji mengimbau calon jemaah mengantisipasi cuaca panas.

Solopos.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil mengatakan ada beberapa tantangan yang akan dihadapi pada musin haji tahun ini. Pertama adalah cuaca, dibanding tahun lalu setiap tahun perbedaan bulan syamsiah dan qomariyah maju 10 hari,

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

“Faktor cuaca yang sangat mempengaruhi saat musim haji tahun ini,” jelas Djamil saat menjadi pembicara pada pembekalan petugas Media Center Haji (MCH) Tahun 1437H/2016M di Ruang Rapat Sekretaris Jenderal Kemenag Jakarta, Senin (18/7/2016), seperti diberitakan Kemenag.go.id.

Pihaknya juga sudah menyampaikan pada wilayah supaya memberikan imbauan sosialisasi kepada calon jemaah agar mengantisipasi cuaca panas. Seperti mengimbau selalu menyediakan sprayer dan hindarkan diri dari sengatan panas.

Djamil juga meminta petugas kesehatan intensif melakukan antisipatif terhadap cuaca panas tersebut supaya menganjurkan jemaah untuk tidak banyak ditempat terbuka yang memungkinkan terkena sengatan panas langsung saat di Arab Saudi.

Masalah kruisial yang kedua adalah visa, karena visa ini tetap akan dilaksanakan prosedur e-hajj dan harus menggunakan aplikasi elektronik maka saat ini pihaknya sedang difokuskan ke visa.

“Perhatian kami sekarang lagi menuju ke situ,” kata Djamil.

Selain visa, saat ini juga ini Ditjen PHU konsentrasi pada jemaah yang akan berangkat. Jemaah haji gelombang I akan berangkat pada tanggal 9 Agustus 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya