SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji Indonesia menggunakan masker (kemenag.go.id)

Ibadah haji 2016, sebanyak 120 calon haji asal Kota Madiun diberangkatkan ke Tanah Suci.

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 120 orang calon haji asal Kota Madiun telah diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya, Kamis (11/8/2016) sekitar pukul 23.30 WIB. Calon haji asal Kota Madiun masuk dalam kelompok terbang (kloter) 8 dan bergabung bersama 306 calon haji asal Kabupaten Magetan serta 19 calon haji asal Kota Surabaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 120 calon haji asal Kota Madiun terdiri atas 58 calon haji laki-laki dan 62 calon haji perempuan. Perinciannya calon haji asal Kecamatan Taman sebanyak 78 orang, Kecamatan Kartoharjo sebanyak 30 orang, dan Kecamatan Manguharjo sebanyak 12 orang. Calon haji tertua yaitu Purwadi Sumo Kusdi, 80, warga Jl. Kenari No. 14 Kota Madiun. Sedangkan calon haji termuda yaitu Andika Purbo Sasmito, 30, warga Jl. Depok Manis No. 12, Kota Madiun.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Madiun, M. Amir Solahudin, mengatakan calon haji asal Kota Madiun diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya pada Kamis sekitar pukul 23.30 WIB dengan menggunakan empat bus dan satu truk untuk mengangkut barang calon haji. Direncanakan, calon haji asal Kota Madiun diberangkatkan menuju ke Madinah pada Sabtu (13/8/2016) sekitar pukul 01.00 WIB.

Dia menyampaikan sesuai jadwal jamaah haji asal Kota Madiun akan pulang ke Tanar Air dari Bandara Jeddah pada Rabu (21/9/2016) sekitat pukul 02.45 waktu Jeddah dan sampai di Indonesia diperkirakan 17.15 WIB serta tiba di Kota Madiun sekitar pukul 23.45 WIB.

“Jamaah haji asal Kota Madiun di Madinah mendapat tempat pemondokan di Maktab Al-Zairus yang berlokasi sekitar 4.400 meter dari Masjid Nabawi. Sedangkan saat di Mekkah berada di pemondokan Maktab Misfalah yang berlokasi sekitar 2 km dari Masjidil Haram,” kata dia dalam siaran pers yang dikutip Madiunpos.com, Jumat (12/8/2016).

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengimbau kepada seluruh calon haji asal Kota Madiun untuk lebih hati-hati dan waspada terkait cuaca panas yang ada di Tanah Suci. “Kami ucapkan selamat jalan kepada jemaah haji Kota Madiun yang telah diberangkatkan dan semoga senantiasa diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji. Semoga seluruh calon haji dari Madiun bisa menjadi haji yang mabrur,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya