SOLOPOS.COM - Tenda Jemaah Haji di Arafah, Arab Saudi. (JIBI/Antara)

Haji 2016 diwarnai upaya ratusan calhaj yang tertangkap di Filipina. Hal ini diduga karena banyaknya kuota haji negara lain yang tak terpakai.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, meminta pemerintah mengintensifkan lobi kepada pemerintah Arab Saudi dan negara yang kuota hajinya tidak terpakai agar bisa digunakan oleh jemaah calon haji Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, hal itu dapat dilakukan sebagai upaya mengurangi antrean para calon jemaah haji Indonesia. Dia mengakui sebagian dari mereka menggunakan negara lain untuk berangkat haji karena terbatasnya kuota.

“Daripada negara yang tidak dipakai [kuota hajinya] bisa dikasih ke kita, daripada mereka kosong. Kita ada yang puluhan tahun mengantre, harusnya pemerintah lakukan lobi dengan pihak Saudi,” ujarnya di Gedung DPR, Senin (22/8/2016).

Fahri menyoroti praktik pelaksanaan haji di Indonesia yang tiap tahun kerap memiliki permasalahan. Persoalan klasik itu adalah antre yang cukup panjang hingga puluhan tahun hingga pemalsuan dokumen oleh pihak tidak bertanggung jawab. Sebagai konsumen terbesar dunia, menurut Fahri, Indonesia seharusnya bisa mendapatkan kuota yang lebih besar untuk masyarakat yang hendak ke Tanah Suci.

Sementara itu, terkait tertangkapnya 177 jemaah calon haji Indonesia yang akan berangkat dari Filipina, Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Malik Haramain, mengatakan mereka bukanlah pelaku, melainkan korban agen perjalanan haji. “Kejadian itu adalah akibat panjangnya antrean pemberangkatan haji di Indonesia. Tapi mereka adalah korban,” ujarnya.

Untuk itu, dia meminta pihak Kedutaan Besar Indonesia di Filipiina untuk melakukan lobi dan menyelesaikan persoalan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya