SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji (JIBI/Solopos/Dok)

Haji 2016 hingga Senin (15/8/2016) sedikitnya ada 2 calon haji meninggal dunia.

Solopos.com, JAKARTA—Dua orang jemaah haji asal Indonesia, yakni Senen bin Dono Mejo dan Siti Nurhayati tercatat meninggal di Arab Saudi karena sakit.

Promosi Sukomulyo Gresik Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Senen bin Dono Mejo yang tergabung dalam Kloter SUB 07 diketahui meninggal pada Jumat 12 Agustus 2016 di Masjid Nabawi. Senen diketahui meninggal karena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, Siti Nurhayati yang tergabung dalam Kloter BTJ 02 meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi pada Sabtu 13 Agustus 2016. Siti diketahui meninggal karena nyeri perut akut, dan sempat diperiksa oleh tim dokter di kloternya sebelum dirujuk ke rumah sakit.

“Siti Nurhayati meninggal karena sakit kolik atau nyeri perut akut. Awalnya diperiksa di sini, tetapi kemudian harus dirujuk ke rumah sakit,” kata Tjetjep Ali Akbar, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, Senin (15/8/2016).

Klinik Kesehatan Haji Indonesia atau KKHI mencatat ada tujuh pasien jemaah haji yang dirujuk ke Rumah Sakit King Fahd Arab Saudi. Dari jumlah tersebut, tiga orang jemaah haji sudah keluar, satu orang meninggal, dan tiga orang lainnya masih dirawat.

Sakit keras merupakan salah tantangan penyelenggaraan haji di Indonesia, karena sebagian besar jemaah haji asal Indonesia sudah berusia lanjut. Pemerintah pun terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan jemaah haji, dengan memperbaiki kualitas klinik Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya